Kapolda Metro Serahkan 138 Tabung Oksigen Hasil Sitaan ke Anies

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 12:11 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran serahkan ratusan tabung oksigen hasil sitaan dari pelaku kejahatan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (27/7/2021).
Polda Metro Jaya menyerahkan ratusan tabung oksigen hasil sitaan dari pelaku kejahatan ke Pemprov DKI Jakarta. (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyerahkan ratusan tabung oksigen hasil sitaan kejahatan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Tabung oksigen hasil sitaan Polres Metro Jakarta Pusat itu akan dipergunakan untuk membantu penanganan COVID-19.

Penyerahan tabung oksigen dilakukan di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (27/7/2021) pagi tadi. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Penyerahan oksigen pagi hari ini merupakan hasil pengungkapan Polres Jakarta Pusat kepada Pemprov Jakarta. Polres Jakpus menemukan adanya indikasi penyalahgunaan mekanisme importasi dengan modus operandi memalsukan jenis barang. Teman-teman penyidik bergerak dari hilir lalu mengembangkan ke hulu. Jadi nyata memang ada orang atau sekelompok orang yang memanfaatkan situasi kelangkaan tabung oksigen ini dengan cara melakukan impor namun tidak sesuai dengan mekanisme," kata Fadil.

Fadil menambahkan pihaknya berkoordinasi dengan Bea dan Cukai untuk memberantas mafia importasi alat kesehatan.

"Kami sudah koordinasi dengan Bea-Cukai agar mafia importasi alat kesehatan, termasuk di dalamnya tabung oksigen, ini bisa kita berantas," lanjutnya.

Total ada 138 tabung oksigen hasil sitaan yang diserahkan ke Pemprov DKI Jakarta. Tabung oksigen itu sudah melalui proses survei dan kelayakan untuk digunakan dari Kementerian Kesehatan.

"Dari 166 yang disita dari pelaku, ada 138 tabung oksigen, Pak Gubernur, yang sudah dilakukan survei dan penelitian oleh teman-teman dari Kemenkes dan layak untuk dimanfaatkan di fasilitas kesehatan," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya