Penyekatan PPKM di Lenteng Agung, Antrean Kendaraan Mengular

Nur Aziza - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 09:14 WIB
Jakarta -

Arus lalu lintas di titik penyekatan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, arah Pasar Minggu terpantau padat pagi ini. Penumpukan kendaraan ini karena adanya pemeriksaan oleh petugas.

Pantauan detikcom, Selasa (27/7/2021), pukul 08.35 WIB, antrean mengular pada jalur kendaraan roda empat hingga 100 meter dari titik penyekatan Lenteng Agung tepatnya depan flyover tapal kuda. Sementara pada jalur kendaraan dua, tak ada antrean pemeriksaan oleh petugas, pengendara melintas tanpa diinterogasi.

Titik penyekatan Lenteng Agung terbagi menjadi dua jalur, yakni jalur nakes dan non-nakes, yang dibagi dua kendaraan roda empat dan roda dua. Terdapat traffic cone membentang untuk membagi jalur ini. Petugas gabungan TNI, Polri, Dishub DKI pun berjaga di ruas jalan pada jalur-jalur ini.

Namun hanya pengendara yang melewati jalur nakes dan non-nakes kendaraan roda empat yang diperiksa oleh petugas yang berjaga. Sementara itu, jalur non-nakes kendaraan roda dua cenderung lengang, tetapi tetap dijaga oleh petugas. Pengendara pun diinterogasi oleh petugas serta diminta surat tanda registrasi pekerja (STRP) atau surat tugasnya.

Petugas di lokasi pun dari kejauhan mengangkat tangan untuk memberi isyarat ke pengendara agar menyiapkan STRP. Petugas di titik penyekatan juga meminta pengendara memperlihatkan id card-nya. Rata-rata pengendara yang mengantongi suratnya diloloskan petugas untuk melintas ke arah Pasar Minggu.

Beberapa pengendara roda empat mengaku berangkat kerja dan memperlihatkan STRP kepada petugas yang berjaga. Sesekali juga ada pengendara roda empat yang berkediaman dekat titik penyekatan dan tidak memiliki STRP tetapi diloloskan oleh petugas karena memperlihatkan kartu tanda penduduk (KTP). Petugas yang berjaga di lokasi mengaku pengendara yang ingin melintasi titik penyekatan ada juga yang hendak melaksanakan vaksinasi.

Terlihat pengendara roda empat tampak antre sesuai pada jalurnya. Sesekali terdengar suara ambulans lewat serta sahut-sahutan klakson di titik penyekatan Lenteng Agung.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka PPKM darurat untuk mencegah penularan virus COVID-19, pemerintah melakukan penyekatan di 100 titik. Sebanyak 100 titik penyekatan tersebut tersebar di sejumlah ruas jalan. Lenteng Agung menjadi salah satu dari 100 titik penyekatan

(knv/knv)