Cara Polisi Edukasi Pendemo di Tangsel: Dibawa 'Tur' TPU Jombang

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 21:17 WIB
Para pendemo di Tangsel dibawa tur ke TPU Jombang untuk lihat makam jenazah COVID-19, Senin (26/7/2021).
Para pendemo di Tangsel dibawa 'tur' ke TPU Jombang untuk lihat makam jenazah COVID-19. (Rakha/detikcom)
Tangerang Selatan -

Puluhan peserta aksi diamankan polisi saat demo di depan kantor Wali Kota Tangerang Selatan. Setelah itu, mereka kemudian dibawa 'tur' ke TPU Jombang hingga Rumah Lawan COVID Tagsel.

Pantauan detikcom, para pendemo ini dinaikkan ke dalam satu truk Satpol PP. Mereka tiba di TPU Jombang, Ciputat, sekitar pukul 16.15 WIB.

Selanjutnya, mereka turun dari truk dan dibariskan menghadap ke arah pemakaman. Di sana, para pendemo itu diminta merenung akan kematian para korban COVID-19.

"Kita berkunjung ke pemakaman ke saudara-saudara kita yang telah mendahului, saudara-saudara kita yang meninggal karena COVID, di balik makam-makam itu ratusan, bahkan ribuan, menangis karena merasa kehilangan," Kabag Ops Polres Tangsel AKP Edy Purwanto di TPU Jombang, Ciputat, Tangsel, Senin (26/7/2021).

"Seharusnya adek-adek bersyukur masih diberi kesehatan," lanjutnya.

Para peserta aksi terlihat memandang lurus ke arah pemakaman di TPU Jombang. Tidak ada kata-kata yang keluar dari mulut para peserta aksi.

Edy pun meminta para peserta aksi merenung. Dia meminta, jika tidak bisa berkorban untuk negara, setidaknya jangan membuat onar.

"Saya minta tujuan ke sini untuk merenung. Udahlah kasih yang terbaik, minimal kalau berkorban kepada negara kalian diam saja, itu udah bagus, jangan berulah," ujar Edy.

Lihat juga video 'Mahfud: Demo 'Jokowi End Game' Tidak Ada, Provokatornya Kita Temui':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, mereka dibawa ke Rumah Lawan COVID-19