Wagub Ariza Sebut 90% Warga DKI Sudah Dapat Bansos Tunai

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 18:10 WIB
Sejumlah bantuan sosial (bansos) bakal cair lagi di tahun 2021 ini. Salah satunya bansos tunai sebesar Rp 300 ribu per bulan.
Foto Ilustrasi Bantuan Sosial Tunai (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut penyaluran bantuan sosial tunai (BST) bagi warga Ibu Kota yang terdampak pandemi virus Corona (COVID-19) telah mencapai 90 persen. BST itu dibagikan melalui ATM Bank DKI.

"Bantuan sosial tunai, alhamdulillah, sudah mencapai lebih dari 90 persen. Kemarin saya meninjau di beberapa lokasi. Alhamdulillah dilaksanakan lebih dari 90 persen yang kita bagikan melalui ATM Bank DKI," kata Riza di Universitas Nasional, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021).

Riza menerangkan alokasi dana bantuan yang bersumber dari APBD DKI itu disalurkan ke satu juta lebih warga DKI. Riza juga menyebutkan untuk bantuan melalui Kemensos disalurkan oleh PT Pos.

"Seluruh yang bantuan dari DKI Jakarta melalui APBD lebih dari Rp 1 juta semua disalurkan melalui ATM Bank DKI dan ini baik sekali sehingga tidak terjadi kerumunan yang dapat menimbulkan penularan. Mudah-mudahan dukungan bantuan dari PT Pos dari Kemensos juga bisa ke depan dilakukan melalui ATM," ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM level 4. Sejumlah bantuan untuk masyarakat juga disiapkan pemerintah.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemberian bantuan sosial baru ini untuk masyarakat di kota/kabupaten yang diterapkan PPKM level 4. Airlangga menyebut bantuan pertama adalah pemerintah menambah bantuan kartu sembako sebesar Rp 200 ribu untuk 2 bulan dan penerimanya adalah 18,8 juta keluarga penerima manfaat.

"Kemudian kartu sembako PPKM, ini 5,9 juta keluarga penerima manfaat. Ini merupakan usulan daerah dan ini ditambahkan dan besarannya juga sebesar Rp 200 ribu per bulan selama 6 bulan," kata Airlangga siaran langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7).

Pemerintah memperpanjang bantuan sosial tunai untuk 2 bulan, yakni Mei dan Juni. Bantuan ini akan disalurkan pada Juli sebesar Rp 6,14 triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat.

"Kemudian melanjutkan subsidi kuota internet selama 5 bulan Agustus sampai Desember, ini untuk 38,1 juta penerima besarnya Rp 5,54 triliun," ucapnya.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.