Syarat Naik Pesawat Terbaru di Perpanjangan PPKM Level 4, Catat!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 16:11 WIB
Syarat Naik Pesawat Terbaru di Masa Perpanjangan PPKM Level 4, Catat!
Syarat Naik Pesawat Terbaru di Masa Perpanjangan PPKM Level 4, Catat! (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah syarat naik pesawat terbaru perlu dipahami usai pemerintah memperpanjang PPKM level 4 di Jawa-Bali. Perpanjangan dilakukan mulai hari ini (26/7) hingga 2 Agustus 2021.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstrahati-hati," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi virtual yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021)

Aturan mengenai syarat naik pesawat diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Instruksi itu diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Minggu (25/7).

Syarat Naik Pesawat Terbaru!

Berikut syarat-syarat naik pesawat sesuai Inmendagri No 24/2021 untuk Jawa-Bali:

1) menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama);

2) menunjukkan hasil PCR negatif COVID-19 H-2 sebelum keberangkatan dari dan ke Pulau Jawa dan Bali;

Juru bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati, menambahkan bahwa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau Surat Keterangan Lainnya yang sebelumnya disyaratkan, kini sudah tidak diperlukan untuk transportasi antar kota/jarak jauh.

"Untuk transportasi antar kota/jarak jauh tidak dibutuhkan (STRP). Tapi wajib untuk kawasan aglomerasi," kata Adita Irawati kepada detikcom, Senin (26/7/2021).

Merujuk Pada SE Satgas No 14/2021

Adita mengatakan syarat naik pesawat terbaru tetap merujuk pada SE Satgas No 14/2021 di mana penumpang wajib sudah divaksin dosis pertama.

"Hingga hari ini rujukan kami kembali ke SE Satgas No 14 dan untuk itu kami kembali ke SE Menhub Nomor 45 untuk transportasi udara. Di mana syarat perjalanan adalah menunjukkan dokumen vaksin setidaknya suntikan pertama dan PCR berlaku 2x24 jam," katanya.

Adita menyebut Kemenhub akan melakukan penyesuaian jika nantinya Satgas COVID-19 mengeluarkan ketentuan baru. "Nanti jika sudah ada SE Satgas yang baru, tentu kami akan sesuaikan lagi, namun besar kemungkinan syarat vaksin dan PCR itu tetap sama, sudah sejalan juga dengan Instruksi Mendagri no 24," sambungnya.

Simak juga 'PPKM Diperpanjang, Ini Syarat Naik Kereta Terbaru':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)