Menkes: Kapan Pandemi Corona Berakhir Tergantung Kita

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 13:55 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bicara mengenai kapan pandemi virus Corona akan berakhir. Budi mengatakan, berakhirnya pandemi tergantung masyarakat.

Budi mulanya menyampaikan bahwa dirinya kerap ditanya kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. Dia pun mengaku menjawab tidak tahu kapan pandemi akan berakhir.

"Banyak banyak orang bertanya ke saya kapan pandemi ini akan berakhir saya bilang terus terang saya nggak tahu, dan kalau saya lihat banyak banyak orang bikin prediksi yang lalu tapi nggak pernah ada yang bener juga," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Setpres, Senin (26/7/2021).

Meski menjawab tidak tahu, Budi menekankan bahwa berakhirnya pandemi ini tergantung dari masyarakat. Semakin masyarakat disiplin protokol kesehatan 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas), maka menurutnya, penularan virus Corona akan semakin berkurang.

"Tapi saya bilang pandemi ini saya lihat akan berakhir itu tergantung kita kalau kita disiplin menjalankan protokol kesehatan yang 5 M seperti tadi Pak Mendagri sampaikan, otomatis virus ini akan makin menurun penularannya dan yang masuk ke rumah sakit akan makin sedikit, dan yang wafat pun akan makin sedikit, dokter dan perawat pun akan makin ringan bebannya," tuturnya.

"Semuanya tergantung kita, semuanya tergantung kita berapa lama pandemi ini akan terus, berapa banyak yang masuk rumah sakit, berapa banyak yang wafat itu semuanya tergantung kita disiplin menjalankan protokol kesehatan," sambung Budi.

Budi mengatakan, bangsa Indonesia telah jatuh bangun berpuluh kali dan selalu mampu menghadapinya. Karena itu, dia meyakini kali ini bangsa Indonesia pun mampu mengatasi pandemi ini, asal dilakukan dengan bersama-sama.

"Saya percaya bapak ibu, bangsa Indonesia 75 tahun merdeka itu sudah jatuh bangun beberapa puluh kali, tapi selalu kita bisa bangun kembali. Bangsa Indonesia itu sudah menghadapi kesulitan yang jauh lebih rumit dari ini, kita nggak pernah putus asa, selalu bisa mengatasi ini dan semua kesulitannya selalu bisa kita atasi asal kita melakukannya bersama-sama," tegasnya.

Budi juga menyampaikan kembali arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi, kata dia, berpesan bahwa pandemi ini akan bisa selesai asal masyarakat ikut andil dalam mengatasinya.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, pandemi ini akan bisa selesai kalau kita bersama-sama secara nasional mengatasinya. Kita tidak saling menyalahkan, kita tidak saling curiga, kita tidak saling menuduh, tapi kita menggabungkan semua energi sosial kita untuk mengatasi pandemi ini. Itu sesuai dengan arahan beliau," pungkas Budi.

Simak juga 'Kemenkes Sebut 94% Kematian Covid-19 karena Belum Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)