Pandu Riono Puji Jokowi Pimpin Penanganan Pandemi, Kritik KPC-PEN

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 13:37 WIB
Pandu Riono, Epidemiolog FKM-UI
Epidemiolog UI Pandu Riono (Foto: Wahyudi/20detik)
Jakarta -

Ahli epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah memimpin langsung penanganan pandemi COVID-19. Pandu mengatakan maksud cuitan tersebut berterima kasih kepada Jokowi yang telah berkomunikasi langsung ke rakyat.

"Pak @jokowi Terima Kasih sudah memimpin langsung penanganan Pandemi, terlihat upaya kendalikan akan lebih efektif. Rakyat tidak melihat KPC-PEN bekerja optimal, sehingga setahun lebih tidak ada tanda2 dapat Pandemi terkendali. Kita perlu langkah2 yg strategis & terkoordinasi," kata Pandu Riono yang dikutip dalam cuitan Twitternya @drpriono1, Senin (26/7/2021).

Pandu menjelaskan maksudnya mengucapkan terima kasih kepada Jokowi karena Jokowi sudah terjun langsung ke lapangan melakukan berbagai sidak, misalnya yang terbaru sidak terkait stok obat di apotek dan sidak stok oksigen. Selain itu Jokowi juga sudah mengungumkan langsung terkait penanganan pandemi Corona, oleh karena itu Pandu Riono mengucapkan terima kasih.

"Makasih dia kan suka-suka ngomong-ngomong, suka sidak, selama ini kan kelihatannya kan dia mimpin langsung, biarin aja, terima kasih aja," kata Pandu saat dihubungi terpisah.

Pandu Riono mengapresiasi Jokowi yang telah mengungumkan terkait penanganan pandemi, menurut Pandu hal itu bentuk komunikasi kepada rakyat. Sebab menurutnya sebelumnya terkait penanganan pandemi Corona lebih sering disampaikan oleh Jubir Presiden.

Diketahui Presiden Jokowi berulang kali meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan mengajak warga agar mau divaksin. Ia mengatakan hal itu tugas semua pihak untuk saling mengingatkan, tetapi apabila kepala negara yang berbicara juga lebih baik.

"Ya tugas semua orang, tugas kita juga. Kalau Pak Jokowi yang ngomong (taati protokol kesehatan) makin bagus lagi," katanya.

"(berterima kasih) Sudah ngomong lah, sudah berkomunikasi ke kita semua, maksudnya kan sudah berkomunikasi itu sudah bagus banget, terus daripada cuma jubirnya yang ngomong ga ngerti apa-apa jubirnya, siapa sih jubirnya selama ini dari Satgas cuma Wiku, kadang-kadang Airlangga, harusnya Presiden yang langsung berkomunikasi karena kan keputusan terakhir ada di beliau. Pak Jokowi sudah mau berkomunikasi langsung dengan rakyat," ungkapnya.

Simak video 'Titah Jokowi untuk Para Menteri Kala PPKM Level 4 Diperpanjang':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/tor)