95 Kendaraan Diputar Balik di Pos Penyekatan Lenteng Agung Pagi Ini

Nur Aziza - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 10:32 WIB
Jakarta -

Pos penyekatan PPKM Level 4 di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan arah Pasar Minggu padat pagi ini. Sebanyak 95 kendaraan pun tidak diperbolehkan melintas di titik penyekatan lantaran tidak mengantongi Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat tugas.

"Untuk pos penyekatan 4 Tapal Kuda-Lenteng Agung dari jam 06.00 sampai 09.00 WIB kendaraan yang kita putar balikkan ke arah Depok untuk roda empat 33 untuk roda dua 62," kata Perwira pengendali pos PPKM Tapal Kuda-Lenteng Agung, Ipda H Kebol Sitio di titik lokasi penyekatan, Senin (26/7/2021).

"Untuk sementara yang kita balikkan itu yang tidak membawa surat keterangan kerja atau tidak ada keperluan untuk masuk ke DKI," lanjutnya.

Kendati demikian, Sitio mengklaim tingkat kedisiplinan warga yang melintas di pos penyekatan Lenteng Agung sudah sangat tinggi. Menurutnya, kedisiplinan pengendara ini memudahkan petugas dalam pemeriksaan di titik penyekatan.

"Untuk sekarang khususnya level 4 Lenteng Agung ini kedisiplinan masyarakat ini sudah sangat tinggi, dan sudah pada ngerti. Salah satu contoh ya, mereka pada waktu mendekati pos mereka sudah memperlihatkan surat-surat lebih awal, jadi kita dari petugas juga tidak begitu lama untuk memeriksanya, cukup melihat memang sesuai dengan surat kita jalankan, untuk menghindari kemacetan," tutur Sitio.

Sitio mengatakan, warga juga sudah paham akan adanya pemeriksaan di penyekatan Lenteng Agung. Karena itu, lanjutnya, antrean pemeriksaan di Lenteng Agung pun tertib.

"Kita pantau di belakang antrean panjang mereka juga tidak menyalakan klakson, berarti mereka sudah paham sudah pada sadar, mengerti dia kalau di sini ada pemeriksaan. Beda dari awal ya," ujar Sitio.

Lebih lanjut, menurut Sitio, volume kendaraan yang melintas di Lenteng Agung sudah semakin menurun. Dia mengungkapkan, kepadatan hanya terjadi pada jam-jam kerja dengan volume kepadatan yang sama.

(mae/mae)