PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 20:51 WIB
Sejumlah taksi online menunggu orderan di kawasan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta. Sejumlah kalangan menyambut positif rencana pemberlakuan Permenhub 108/2017.
Foto: Ilustrasi taksi online (dok. Pool)
Jakarta -

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen.

"Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Luhut menjelaskan PPKM level 4 ini diterapkan di hampir 100 kabupaten/kota di Pulau Jawa-Bali. Selain PPKM level 4, pemerintah juga menerapkan PPKM level 3 di kabupaten/kota lainnya di Jawa-Bali.

"Total ada 95 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 di Jawa-Bali. Untuk PPKM level 3 akan diterapkan di 33 kabupaten/kota di Jawa-Bali," ungkap Luhut.

Perpanjangan penerapan PPKM level 4 sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). PPKM level 4 ini dilanjutkan dengan pelonggaran atau relaksasi terhadap para pelaku usaha kecil.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial, saya memutuskan melanjutkan menerapkan PPKM level 4 dari 26 Juli sampai 2 Agustus namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati," ucap Jokowi dalam konferensi pers sore tadi.

Tonton video 'Titah Jokowi untuk Para Menteri Kala PPKM Level 4 Diperpanjang':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)