Kagama DKI & Taspen Kolaborasi Gelar Vaksinasi COVID-19 untuk Warga

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 14:03 WIB
Vaksinasi
Foto: Yudistira Perdana Imandiar/detikcom
Jakarta -

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DKI Jakarta menggelar vaksinasi massal di kampus MM UGM, Tebet, Jakarta Selatan. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi anggota Kagama dan masyarakat umum.

Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 7.30 pagi, Minggu (25/7/2021). Peserta yang datang sebelumnya telah mendaftar secara online, untuk memudahkan registrasi di lokasi.

Ketua Pengurus Daerah Kagama DKI Jakarta Meinarwati menyatakan pihaknya menggelar vaksinasi massal, guna membantu pemerintah mencapai target vaksinasi untuk memperoleh kekebalan kelompok.

"Kagama DKI mendukung target pemerintah ini untuk mencapai angka vaksinasi," kata Meinarwati.

Ketua Panitia Vaksinasi Kagama DKI Abiprayadi Riyanto menyatakan penyelenggaraan vaksinasi di kampus MM UGM Tebet dilakukan dengan menetapkan protokol kesehatan. Seperti pantauan detikcom di lokasi, proses registrasi dilakukan di area terbuka di depan gedung kampus.

Peserta yang telah menyelesaikan registrasi langsung diarahkan ke ruangan auditorium untuk menunggu giliran. Kursi tunggu bagi peserta dibuat berjarak sekira 1 meter. Riyanto menambahkan seluruh panitia telah melalui tes swab antigen dengan hasil negatif.

Menurut Riyanto, kegiatan vaksinasi yang dijadwalkan berlangsung sampai dengan pukul 16.00 WIB ini diikuti sekitar 1000 orang. Peserta berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan Kagama DKI bekerja sama dengan Taspen, Solaria, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dan Emergency Medical Team (EMT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Direktur Utama PT Taspen (Persero) A.N.S Kosasih menyampaikan pihaknya ikut mendukung pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19. Hal itu diwujudkan dengan menggelar vaksinasi bagi karyawan, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat umum.

"Sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia melalui Program Taspen untuk Indonesia kami berpartisipasi aktif mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk menanggulangi pandemi COVID-19," ungkap Kosasih.

Seorang peserta vaksin, Muhammad Syarifuddin (25) mengatakan dirinya berangkat dari kediamannya di Citayam, Depok, Jawa Barat untuk mengikuti vaksinasi. Ia mengaku mendapatkan informasi terkait vaksinasi ini dari ayahnya yang bekerja di kampus MM UGM.

Menurut Syarifuddin kegiatan vaksinasi massal seperti yang dilakukan Kagama DKI mempermudah dan mempercepat masyarakat untuk memperoleh vaksin COVID-19.

"Ya saya (sebelumnya) nunggu vaksin dari pemerintah, belum dapat. Pas ada informasi vaksin di sini langsung daftar," ujar Syarifuddin kepada detikcom.

(akn/ega)