Video 20Detik

Sepi Pembeli, PKL di Tasik Ngaliwet di Jalan Penyekatan PPKM

dtv - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 12:51 WIB
Jakarta -

Sejumlah pedagang makanan nasi liwet bersama di lokasi penyekatan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (25/7/2021). Aksi pedagang itu terekam video dan kini viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 22 detik itu, tampak pedagang menuangkan makanan mereka pada daun pisang yang sengaja dibentangkan di atas aspal jalan raya. Mereka kemudian makan bersama dalam jarak yang saling berdekatan.

Aksi makan nasi liwet bersama ini dilakukan di pusat belanja Kota Tasikmalaya. Sementara kota berpenduduk 716 ribu jiwa itu masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Para pedagang yang terlibat sengaja melakukan aksi sebagai upaya menghibur diri. Hal ini lantaran jualan mereka sepi pembeli.

"Itu spontanitas aja Pak. Iuran Rp 5.000 makan bareng maen bola karena sepi Pak, tau saya melanggar tapi hiburan ajah, pak," tukas Amir, salah satu pedagang kaki lima (PKL), di lokasi.

Sementara itu, Satgas COVID-19 masih berpacu dengan segala keterbatasan fasilitas medis untuk menangani pasien. Kini Satgas setempat menjadwalkan keliling ke rumah-rumah pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman), untuk mengantar obat, vitamin, sekaligus melakukan pemeriksaan.

Pengantaran obat-obatan di Kota Tasikmalaya dikoordinasikan oleh tiap aparat kecamatan. Petugas hendak memastikan kondisi pasien layak dan stabil selama masa isolasi mandiri.

"Kami buat grup WA (WhatsApp), ada yang isoman. Mereka bisa lakukan komunikasi agar tidak ada warga isoman yang wafat kurang obat dan sebagainya", ungkap Camat Cibereum, Rahman.

Hingga kini, pemerintah setempat mencatat ada 90 warga yang menjalani isolasi mandiri. Sementara angka kasus COVID-19 di kota itu tekah mencapai 11.757 orang.

(dtv/dtv)