Round-Up

Siapa 'Kelompok Tak Murni' Tunggangi Aksi saat Pandemi?

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 06:51 WIB
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menyinggung kelompok tak murni usai beredarnya poster seruan aksi bertajuk 'Jokowi End Game' yang gagal terlaksana. Mahfud sempat menjelaskan kelompok tak murni tersebut adalah pihak yang selalu memprovokasi menyerang pemerintah.

Lantas siapakah sebetulnya kelompok tersebut?

Kelompok itu disebut-sebut berada di balik seruan aksi bertajuk 'Jokowi End Game' yang sedianya dilakukan pada Sabtu (24/7) kemarin batal terlaksana. Aksi yang rencananya diisi dengan long march mulai dari Glodok sampai Istana Negara pun tidak terjadi.

Mahfud sempat memberi tanggapan terkait kabar aksi tersebut dengan menyoroti salah satu kelompok yang diberi nama olehnya sebagai kelompok 'tak murni'.

"Ada kelompok murni dan ada kelompok tidak murni yang masalahnya itu hanya ingin menentang saja, memanfaatkan situasi," kata Mahfud Md dalam konferensi pers terkait situasi politik dan keamanan, disiarkan kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, Sabtu (24/7/2021).

Di samping itu, Mahfud menjelaskan adanya kelompok murni yang bertolak belakang dengan kelompok tak murni. Kelompok ini menyerukan aspirasi karena mereka terdampak kebijakan pandemi COVID-19 sedangkan kelompok tidak murni menyerukan provokasi untuk menyerang pemerintah.

"Apapun yang diputuskan pemerintah itu diserang. Ada yang seperti itu. Kita harus hati-hati karena kelompok yang seperti ini kelompok yang tidak murni, selalu provokasi dan menyatakan kebijakan pemerintah selalu salah," kata Mahfud.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.