Pertamina Siap Distribusikan Bantuan 100 Ton Oksigen dari India

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 19:39 WIB
Bantuan Oksigen dari India
Foto: Pertamina
Jakarta -

Pemerintah India mengirimkan bantuan untuk Indonesia berupa 100 ton liquid oksigen yang dikemas dalam 5 ISO Tank berkapasitas masing-masing 20 ton. Bantuan tiba hari ini (24/7) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Adapun proses serah terima bantuan dari Pemerintah India kepada Pemerintah Indonesia dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Pertamina, jajaran TNI, Pelindo dan Bea Cukai.

Duta Besar India untuk Indonesia, H.E. Mr. Manoj Kumar Bharti mengaku senang dapat membantu Indonesia dengan mengirim 100 ton oksigen dan sekitar 300 konsentrat oksigen. Menurutnya Ini merupakan bentuk persahabatan antar kedua Negara.

"Saya tahu bahwa ini bukanlah jumlah yang banyak tapi setidaknya inilah bantuan dari rakyat dan dari Pemerintah India," ujar Manoj dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/7/2021).

Manoj berharap kerja sama India dan Indonesia tidak hanya berlangsung untuk memerangi krisis, melainkan bisa merambah bekerja sama di banyak bidang lainnya.

"Saya berharap kami dapat melanjutkan kolaborasi di masa depan," katanya.

Sementara itu, Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Mulyono mengatakan dengan tambahan 5 unit ISO Tank ini Pertamina juga telah menyediakan 5 unit truk lengkap dengan bed trailer serta awak pengemudinya. Sehingga bantuan tersebut siap didistribusikan sesuai koordinasi Kementerian Kesehatan.

"Dengan kedatangan ISO Tank dari India ini maka total ISO Tank yang dikelola Pertamina ada 40 Unit dengan total kapasitas 800 ton. Sudah sekitar 1.300 ton oksigen yang kami distribusikan ke 206 Rumah Sakit di 7 Provinsi," jelas Mulyono.

Ia menyebut tujuh provinsi tersebut di antaranya DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur hingga Bali.

"Mekanisme pendistribusian untuk rumah sakit yang memerlukan oksigen sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan," tandasnya.

Di sisi lain, Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI, Eka Jusup Singka menyampaikan apresiasi atas peran serta Pertamina dalam membantu menyediakan transportasi dan mendistribusikan oksigen guna mengatasi kekurangan oksigen di berbagai daerah.

"Bukan hanya saat ada bantuan dari India saja Pertamina hadir, tetapi juga sebelumnya, Pertamina telah mendatangkan ribuan oksigen dari dalam negeri. Dengan Peran Pertamina di dalam menjalankan tugasnya membantu Kemenkes RI membuat supply oksigen bisa lebih terjamin," kata Eka.

Eka menjelaskan nantinya oksigen yang didistribusikan melalui bantuan transportasi Pertamina akan dimanfaatkan bukan hanya di Pulau Jawa dan Bali saja, tetapi juga di luar Jawa seperti Kalimantan Barat. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan peningkatan tren kasus COVID-19 di luar Jawa-Bali.

"Peran serta Pertamina ini adalah sebagai kontribusi nyata di mana lintas kementerian di Indonesia ini berjalan, lintas BUMN dan para pengusaha dan juga pekerja. Jadi sekali lagi, Pertamina patut dicontoh oleh BUMN lainnya sekali lagi terimakasih kepada Kementerian BUMN yang telah bekerja dengan baik membantu kami semua dalam penanganan COVID-19," pungkas Eka.

(ncm/ega)