Pria Bermartil Hancurkan Patung Ikon Kecamatan di Polman, Kenapa?

Abdy Febriady - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 18:01 WIB
Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)
Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali -

Dua patung yang menjadi ikon Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, dihancurkan seorang pria yang diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Detik-detik aksi si pria menghancurkan patung menggunakan martil terekam kamera yang viral di media sosial.

Dalam salah satu potongan video pendek yang beredar di media sosial, tampak pria yang diketahui bernama Mahmud Khalid (25 tahun) itu menghentikan aksinya setelah mendapat teguran dari Camat Wonomulyo Asrul Ambas.

Diketahui, aksi menghancurkan kedua patung ikon Kecamatan Wonomulyo ini terjadi pada Jumat (23/7) sore. Kedua patung yang dihancurkan adalah Patung Tani yang berada di alun-alun kecamatan dan Patung Pancasila yang berada di halaman Kantor Camat Wonomulyo.

Sekcam Wonomulyo Samiaji mengatakan, sebelum menghancurkan patung, pelaku menyampaikan kepada warga sekitar bahwa patung akan direnovasi, sehingga harus dibongkar atas instruksi Camat Wonomulyo.

"Itu yang disampaikan teman-teman yang lain sewaktu pelaku ingin menghancurkan itu patung katanya atas perintah Pak Camat. Ternyata Pak Camat tidak pernah memerintahkan hal-hal seperti itu," kata Samiaji saat dimintai konfirmasi wartawan di kantornya, Sabtu (24/7/2021) siang.

Kendati informasi yang diperoleh dari warga menyebut pelaku adalah penderita gangguan jiwa, Samiaji mengaku akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan hal tersebut.

"Saya masih akan berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk penanganan selanjutnya. Saya juga sudah minta pihak keluarga untuk segera mencari pelaku agar dibawa ke rumah sakit. Jangan sampai dia kembali melakukan tindakan yang merugikan orang lain," pungkas Samiaji.

Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)

Selanjutnya, pelaku sempat ditemukan tapi kemudian kabur:

Lihat juga Video: Patung George Floyd di New York Dirusak, Polisi Buru Pelaku!

[Gambas:Video 20detik]