Viral

Cara Meeting Online yang Ramah Kuota

dtv - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 13:10 WIB
Jakarta -

Banyak orang tua mengeluh sistem belajar online makan biaya kuota karena tatap muka digantikan dengan meeting online. Pengamat IT dan gadget Lucky Sebastian punya tips menghemat kuota ketika melakukan meeting online.

"Kita bisa kalau dia memakai Zoom atau Meet mereka punya setting-an supaya video tidak naik ke kualitas HD. Jadi bisa dimatikan. Dia akan pakai format video yang lebih kecil, sehingga data yang digunakan menjadi kecil," ujar Lucky dalam program Viral di detikcom.

Cara lain yang bisa digunakan untuk berhemat kuota adalah meniadakan presentasi atau screen sharing. Menyajikan gambar terutama video dalam meeting online akan menyedot kuota semua peserta yang hadir.

Lucky mencontohkan guru yang memberi materi bisa membuat presentasi dalam bentuk Power Point, lalu mengirimkannya kepada para murid. Ketika meeting online semua murid tinggal membuka materi presentasi di gadget masing-masing secara offline sambil mendengarkan penjelasan guru.

"Gurunya hanya penjelasan dalam bentuk voice tanpa video dan murid-murid melihat sendiri presentasinya," katanya.

Lucky juga mengusulkan penggunaan aplikasi meeting online yang ramah kuota. Lucky mendengar kabar Microsoft Teams menggunakan data yang lebih kecil dibanding kompetitornya.

"Tinggal pilihan dari sekolahnya sendiri," ujar Lucky.

(gah/gah)