Lagi, PN Wates Kabulkan Permohonan Ganti Kelamin Transgender

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 13:53 WIB
ilustrasi LGBT, LGBT, Gay, sex, lesbian, transgender (Andhika-detikcom)
Ilustrasi LGBT (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Negeri (PN) Wates kembali mengabulkan transgender menjadi laki-laki dengan alasan hak asasi manusia (HAM). Kali ini penetapan itu ditetapkan kepada pemohon AME (26).

Berdasarkan salinan penetapan yang dilansir website-nya, Jumat (23/7/2021), AME lahir sebagai perempuan pada 1995. Seiring berjalannya waktu, AME merasa berperilaku laki-laki atau disebut tomboy. Malah AME awalnya merasa dirinya adalah lesbian.

Setelah kuliah dan mulai bekerja, AME mulai menemui dokter kejiwaan untuk mencari solusi atas dirinya. Ditemuilah seorang spesialis kejiwaan dari RS di Kelapa Gading, Jakut. Dokter membuat rekomendasi AME adalah pasien gender dysphoria disorder, female to male dan saat ini sudah fase sintonik (tekat bulat), ingin penyesuaian gender sebagai laki-laki.

Atas keyakinan di atas, AME mengajukan permohonan ganti identitas kelamin di KTP-nya ke PN Wates. Gayung bersambut. Permohonannya dikabulkan.

"Menyatakan bahwa Pemohon yang terlahir tercatat sebagai perempuan secara hukum ditetapkan sebagai seorang laki-laki," kata hakim tunggal Edy Sameaputty.

Baca argumen hakim Edy Sameaputty di halaman berikutnya: