Hari Terakhir, SAR Berjuang Cari 31 Nelayan Kalbar Hilang di Laut Natuna

Antara - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 12:52 WIB
Tim SAR Gabungan saat mencari nelayan korban dampak cuaca buruk pekan lalu dan menemukan kapal motor yang tenggelam di perairan Kalbar (Foto ANTARA/HO)
Tim SAR gabungan saat mencari nelayan korban dampak cuaca buruk pekan lalu dan menemukan kapal motor yang tenggelam di perairan Kalbar (Foto ANTARA/HO)
Jakarta -

Sebanyak 31 nelayan dampak 18 kapal tenggelam di perairan Kalimantan Barat (Kalbar) masih hilang. Tim Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue atau SAR) Pontianak kini memfokuskan pencarian di perairan Laut Natuna.

"Hari ini kami memfokuskan pencarian di perairan Natuna," kata Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi di Pontianak seperti dilansir Antara, Jumat (23/7/2021).

Waktu pencarian korban telah ditambah tiga hari dan pada hari ini merupakan hari terakhir pencarian.

"Kami berharap hari ini ada menemukan korban tenggelam itu, dan tentunya kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan pencarian," ujarnya.

Data sementara Posko SAR Gabungan di Pontianak mencatat, hingga saat ini total anak buah kapal (ABK) yang menjadi korban kecelakaan, yakni sebanyak 138 orang, sebanyak 83 orang selamat, 31 orang masih dalam pencarian, dan 24 orang ditemukan meninggal dengan total kapal motor yang tenggelam sebanyak 18 unit di perairan Kalbar pada 13 Juli lalu.

Sebelumnya, masa pencarian nelayan hilang perpanjang selama tiga hari atau sampai Jumat (23/7) untuk pencarian terhadap nelayan korban kapal motor tenggelam di beberapa lokasi perairan Kalbar, yakni Muara Jungkat, Kubu, Pemangkat, dan Lemukutan.

Keputusan diperpanjangnya pencarian para korban itu juga didukung semua instansi atau Tim SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian para korban tenggelam tersebut.

"Demi kemanusiaan, pencarian kami perpanjang hingga tiga hari lagi, dari tanggal 20 hingga 21 Juli 2021," ujarnya.

Ombak tinggi yang terjadi di wilayah perairan Kalimantan Barat pada Selasa (13/7) malam telah membuat setidaknya 18 unit kapal motor tenggelam.

Lihat juga video 'Detik-detik Perahu Nelayan di Sukabumi Dihantam Ombak dan Terguling!':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)