Round-Up

Taktik Masker Daun Ala Warga Bengkulu Sebab Razia Bikin Panik

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 21:35 WIB
2 warga di Bengkulu pakai masker daun saat lewati pos PPKM
Dua warga di Bengkulu pakai masker daun saat lewati pos PPKM. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Demi melewati pos penyekatan PPKM, dua pria di Bengkulu menggunakan masker dari daun. Peristiwa itu terjadi di pos penyekatan perbatasan Kabupaten Lebong,

Aksi keduanya kemudian viral dan membuat netizen geleng-geleng kepala. Salah satu dari dua pria itu mengaku panik saat melihat petugas sehingga timbul ide menjadikan daun sebagai masker.

"Saya salut dengan cara yang dilakukan kedua warga ini. Mereka memodifikasi daun karena tidak membawa masker," kata Bupati Lebong Kopli Ansori saat dimintai konfirmasi, Kamis (22/7/2021).

Peristiwa ini terjadi kemarin, Rabu (21/7). Meski mengaku salut dengan ide kedua pria, Kopli menegaskan hal tersebut tak benar.

Kopli mengatakan kedua warga ini mengaku lupa membawa masker. Kepada petugas, mereka mengatakan baru saja pulang dari kebun.

Menyikapi sikap kedua warga bermasker daun ini, petugas memberikan peringatan sembari mengedukasi agar selalu memakai masker saat bepergian. Kopli mengatakan akhirnya dua pria itu diberi masker dan diizinkan lewat posko penyekatan.

"Saya mengharapkan dukungan seluruh pihak agar mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka penularan COVID-19 di Kabupaten Lebong," ujar Kopli.

Berdasarkan data petugas posko, ada 172 warga yang diambil sampel swab antigen. Dari jumlah ini, 10 di antaranya dinyatakan reaktif Corona dan diantar pulang ke rumah untuk menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu, warga dari luar Lebong yang dinyatakan reaktif antigen Corona diminta putar balik. Warga yang reaktif dilarang masuk ke wilayah Lebong.

Pada 14 Mei lalu, hal yang mirip juga terjadi. Emak-emak pengendara motor di Sumatera Barat (Sumbar) menggunakan plastik kresek sebagai masker karena takut melihat ada polisi. Videonya viral di media sosial (medsos).

Aksi emak-emak tersebut terekam dalam video berdurasi 6 detik yang viral di medsos. Dari video yang dilihat detikcom, Jumat (14/5), tampak sejumlah polisi mencegat emak-emak tersebut.

Saat dicegat, tampak emak-emak berbaju biru tua itu mencoba menjelaskan ke polisi alasannya mengenakan masker dari plastik kresek. Sementara itu, polisi yang mencegat si emak-emak tampak tertawa geli. Malahan seorang polisi lainnya berpose dengan jempol mengacung di samping emak-emak bermasker kantong kresek itu.

"(Kejadian) itu dalam rangka operasi protokol kesehatan (prokes). Ditemukan itu (emak-emak pakai masker dari plastik kresek), terus dikasih masker (oleh polisi). Informasinya (emak-emak) di pedagang di situ. Mungkin dia panik karena nggak pakai masker, lihat ada kegiatan operasi prokes. Dia nggak bawa masker, yang adanya plastik kresek," jelas Kabid Humas Polda Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Satake Bayu Setianto ketika dimintai konfirmasi detikcom.

(aud/aud)