Pemerintah Akan Testing-Tracing COVID di Permukiman Padat Secara Masif!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 19:48 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: dok. KEMENKO MARVES)
Jakarta -

Pemerintah dalam waktu dekat akan meningkatkan testing dan tracing di wilayah padat penduduk. Cara ini diharapkan bisa mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.

"Pemerintah dalam waktu dekat atas perintah Presiden akan melakukan peningkatan testing-tracing di banyak pusat isolasi, utamanya di daerah padat penduduk," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pernyataan tersebut disampaikan Luhut dalam jumpa pers yang disiarkan langsung lewat YouTube, Rabu (21/7/2021) malam. Agenda ini untuk menyampaikan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait perkembangan terkini penerapan PPKM.

Luhut mengatakan malam ini pemerintah akan melakukan finalisasi bagaimana langkah-langkah pemerintah melakukan testing dan tracing di wilayah-wilayah yang padat penduduk. Wilayah ini di antaranya Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Solo Raya, Semarang, dan Malang Raya.

"Begitu kita langsung testing, kalau ada yang positif, langsung dibawa ke karantina, dikarantina, perawatan, obat. Ada dokter, ada segala macam," katanya. Dengan adanya penanganan cepat, lanjut Luhut, kemungkinan kondisi pasien COVID-19 memburuk akan jadi lebih kecil.

Luhut berharap rencana ini bisa dijalankan dalam satu-dua hari ke depan. Ini akan dilakukan secara masif.

Selain itu, lanjut Luhut, pemerintah akan menggencarkan vaksinasi. Sebab, menurut data, tingkat kematian orang yang terpapar COVID-19 yang sudah divaksinasi angkanya sangat rendah. Menurutnya, kematian tertinggi terjadi pada pasien dengan komorbid.

(hri/hri)