PPKM Darurat Diperpanjang, Ahli: Masyarakat Perlu Disiplin Prokes

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 17:59 WIB
pakai masker
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Soedjatmiko menilai Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kini menggunakan istilah PPKM Level 3-4 memang sudah seharusnya diperpanjang. Pasalnya, hingga kini masih tingginya angka kematian imbas COVID-19 di Tanah Air.

"PPKM Darurat harus diperpanjang karena angka kematian masih meningkat tajam, kemungkinan penularan masih meningkat tajam, walau kasus baru seolah menurun, mungkin karena tracing yang menurun," ujar Soedjatmiko dalam keterangan tertulis, Rabu (21/72021).

Soedjatmiko menyebut PPKM Darurat perlu dilaksanakan dengan lebih tegas. Menurutnya, pemerintah perlu tindak tegas pelanggar PPKM Darurat. Hal ini demi keselamatan orang banyak.

"Selain patuh pada aturan PPKM Darurat, masyarakat juga perlu disiplin pada penerapan protokol kesehatan. Jika harus keluar rumah, wajib pakai masker dengan benar dan dobel. Masker harus menutup hidung, mulut, dagu dan pipi. Tidak boleh longgar dan melorot," tambah Soedjatmiko.

Lebih lanjut, dia mengimbau jika ada keluarga yang sering keluar rumah, untuk diingatkan tetap menjaga dan mengutamakan protokol kesehatan. Ia harus tetap memakai masker dan menjaga jarak dengan keluarga, jika sesampainya kembali di rumah.

Hal ini akan menghentikan penularan di keluarga yang banyak terjadi belakangan ini, Soedjatmiko juga meminta masyarakat untuk segera lakukan vaksinasi dan tidak perlu ragu.

"Vaksinasi COVID-19 menjadi perlindungan terakhir untuk mencegah sakit berat dan kematian akibat COVID-19," pungkasnya.

(mul/mpr)