Instruksi Kapolri Saat PPKM Level 4: Akselerasi-Tepat Salurkan Bansos

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 16:53 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (dok. Mabes Polri)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos). Bansos akan meringankan beban masyarakat di tengah pembatasan aktivitas selama pandemi COVID-19.

"TNI-Polri bersama stakeholder lainnya untuk melakukan akselerasi penyaluran bansos kepada masyarakat-masyarakat yang terdampak COVID-19," kata Sigit saat menggelar konferensi video bersama seluruh jajaran di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/7/2021).

Presiden Jokowi menyatakan pemerintah menambah anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 55,21 triliun untuk bansos penanganan pandemi COVID-19.

Penyaluran bansos, selain harus cepat, juga harus tepat sasaran di PPKM level 4, level 3, serta PPKM mikro. Sigit memastikan unsur Polri dan TNI, yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas, telah memetakan sasaran bansos.

"Seperti yang sudah kami lakukan selama ini, bantuan dari pemerintah yang disalurkan melalui TNI-Polri akan dipastikan tepat sasaran ke masyarakat di Indonesia. Jajaran kami instruksikan melakukan pemetaan," ujar mantan Kabareskrim Polri itu.

Sigit kembali mengingatkan kepada masyarakat, jangan ragu ataupun sungkan melakukan komunikasi kepada aparat untuk meminta kembali bantuan sosial apabila akan habis maupun sudah habis untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Selanjutnya, Sigit memerintahkan jajarannya untuk menyalurkan bansos dan obat secara proaktif dan reaktif: