Menteri, Kapolri, dan Selebriti Berkurban di Ponpes Gus Miftah

Sudrajat - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 11:46 WIB
Gus Miftah dan sapi Limousin seberat 1,3 ton untuk kurban
Gus Miftah (Foto: Dok. Pribadi)
Sleman -

Pondok Pesantren Ora Aji pimpinan Gus Miftah (Miftah Maulana Habiburrahman) di Sleman, Yogyakarta, melaksanakan penyembelihan hewan kurban 19 sapi dan 50 kambing. Jumlah hewan kurban sebanyak itu antara lain berasal dari beberapa pejabat, tokoh publik, politisi, dan selebgram yang menitipkan hewan kurbannya di Ponpes Ora Aji.

Gus Miftah antara lain menyebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit, Mumtaz Rais, dan sahabatnya, podcaster kondang Deddy Corbuzier, serta selebgram Putra Siregar.

"Beliau-beliau dan sohib saya, Mas Deddy itu menitipkan sapi. Kalau Putra menitipkan 20 kambing. Juga ada dari beberapa BUMN, seperti PT Telkom Indonesia," kata Gus Miftah melalui telepon kepada detikcom, Selasa (20/7/2021).

Dia pribadi beserta istri dan anak-anaknya menyerahkan sapi jenis Limousin seberat 1,3 ton.

Pemotongan akan dilaksanakan pada Jumat, 23 Juli 2021. Hal ini masih dalam batas syariah bahwa pemotongan hewan kurban dapat dilakukan pada hari raya plus tiga hari tasyrik.

Pemotongan akan dilakukan oleh para santri sendiri dengan melibatkan jagal profesional dengan protokol kesehatan, seperti ditentukan Satgas dan pengelola rumah potong hewan. Gus Miftah memperkirakan, dari pemotongan hewan kurban sebanyak itu, akan dihasilkan sekitar 10 ton daging.

"Para santri dan warga akan mendistribusikan ke para dan warga di pelosok desa. Insyaallah bisa menjangkau 10 ribu jemaah di wilayah DIY dan Jawa tengah," jelasnya.

(jat/hri)