Idul Adha 1442 H, TransJakarta Sesuaikan Rute-Jam Operasional Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 05:37 WIB
Pemprov DKI Jakarta membatasi jam operasional TransJakarta dan MRT hanya sampai pukul 20.00 WIB selama periode libur Natal dan tahun baru. Kebijakan ini akan berlaku mulai 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.
Transjakarta (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Transjakarta melakukan penyesuaian layanan operasional pada Idul Adha 1442 H hari ini. Pelayanan jam operasional Transjakarta hari ini akan dimulai pukul 09.00 hingga 20.30 WIB.

Penyesuaian jam operasional ini dilakukan agar memberikan kesempatan kepada karyawan Transjakarta untuk lebih dulu merayakan Idul Adha bersama keluarga. Selanjutnya pelayanan untuk masyarakat akan tetap dilakukan.

"Seusai melaksanakan ibadah, semua karyawan kami akan bertugas kembali untuk melayani masyarakat yang masih harus beraktivitas di luar rumah. Semua petugas yang terjun ke lapangan besok akan mengenakan seragam muslim secara serentak yakni baju koko untuk pria dan busana muslim untuk petugas wanita," ujar Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi, dalam keterangan tertulis, Senin (19/7/2021).

Namun khusus untuk layanan tenaga kesehatan disebut tetap beroperasi normal. Yaitu dimulai pada pukul 05.00-20.30 WIB.

Transjakarta juga melakukan penyesuaian rute. Rute-rute yang akan beroperasi hanyalah rute-rute reguler yang biasa beroperasi untuk layanan weekend.

"Jadi, ada beberapa rute yang tidak dioperasikan seperti layanan Royaltrans atau rute Cibubur - BKN (7C). Jadi, bagi masyarakat yang ingin beraktivitas bisa menyesuaikan jadwal dan mengatur perjalanannya bersama Transjakarta," kata Prasetia.

Dia memastikan seluruh bus yang beroperasi telah memenuhi standar protokol kesehatan yang ketat. Transjakarta juga tetap membatasi kapasitas pelanggan yakni maksimal 50 persen dengan ketentuan bus gandeng hanya boleh diisi maksimal 60 pelanggan, bus sedang maksimal 30 pelanggan, bus kecil maksimal 15 pelanggan dan 5 (lima) orang pelanggan untuk bus kecil.

"Untuk menekan penyebaran virus Covid-19 khususnya di area Transjakarta, kami menghimbau pelanggan untuk bersama-sama memenuhi semua aturan yang berlaku," tuturnya.

Tonton juga Video: Libur Idul Adha, Daop 1 Jakarta Hanya Berangkatkan 4-6 KA Jarak Jauh

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/dwia)