PKB Serang 2 Menteri NasDem: Menkominfo Buruk, Mentan Gagal!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 21:42 WIB
Syahrul Yasin Limpo dan Surya Paloh dalam acara Nasdem
Syahrul Yasin Limpo (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan angkat bicara perihal permohonan maaf Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan karena PPKM darurat belum optimal. Daniel meyakini ada menteri-menteri lain yang meminta maaf seperti Luhut.

"Bakal banyak (menteri yang meminta maaf), karena saat ini memang kondisinya berat. Lihat saja penyerapan anggaran para menteri hingga saat ini, itu pun sudah indikator kinerja yang buruk," kata Daniel kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Daniel menyebut dari sejumlah mitra kerja Komisi IV DPR, Kementerian Pertanian (Kementan) yang paling disorot. Soal terobosan kebijakan paling dinanti.

"Yang selalu menjadi sorotan serius adalah Kementerian Pertanian, yang sebagai leading sector pangan nasional. Tapi sampai saat ini belum ada terobosan-terobosan signifikan," sebut Daniel.

Daniel menilai program food estate Kementan bukan jawaban untuk mencapai swasembada pangan. Anggota DPR dari Fraksi PKB itu menilai Mentan Sayhrul Yasin Limpo gagal meyakinkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) betapa strategisnya sektor pertanian saat pandemi seperti sekarang.

"Program food estate sampai saat ini juga tidak menunjukkan bukti yang dapat menjawab soal swasembada pangan nasional. Anggaran pertanian pun terus berkurang padahal soal pangan sangat strategis," sesal Daniel.

"Hal ini menunjukkan Kementan gagal meyakinkan Presiden betapa pentingnya pangan di tengah wabah pandemik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ketua DPP PKB itu menegaskan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia ada di pundak petani.

"Padahal, harapan dan pertumbuhan ekonomi kita saat ini ada di pundak para petani dan penyuluh di desa-desa, di tengah sektor lainnya lumpuh. Bahkan anggaran yang ada saja baru terealisir sekitar 32% per Juni kemarin," tutur Daniel.

Sebelum Daniel, elite PKB lainnya, Luqman Hakim mengkritik kinerja Menkominfo Johnny G Plate. Johnny dan Syahrul Yasin diketahui

Baca pembelaan NasDem di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2