Round-Up

Duduk Perkara Pospol Bertingkat Taman Suropati Dipersoalkan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 21:32 WIB
Taman Suropati
Ilustrasi, Taman Suropati (Foto: Artalentalle1/d'Traveler)
Jakarta -

Sejarawan JJ Rizal kaget dengan foto pos polisi (pospol) di Taman Suropati, Menteng, Jakarta yang berubah 'muka'. Pasalnya, pospol tersebut menjadi bertingkat dan didirikan di kawasan cagar budaya

JJ Rizal menyebut segala pembangunan di kawasan cagar budaya seharusnya melalui proses sidang Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta terlebih dulu. Dia mempertanyakan pembangunan pos polisi itu apakah melewati tahapan legal atau tidak.

"Seharusnya sebelum pembangunan untuk mendapatkan izin harus ikut sidang TSP dulu dan mendapat rekomendasi. Memang ini mengganggu lanskap historis yang harus dijaga sebagaimana diamanahkan UU Cagar Budaya No 11 Tahun 2010. Apalagi taman itu jantung kawasan cagar budaya Menteng. Apalagi sampai jadi dua lantai," kata JJ Rizal kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

TSP Buka Suara

Ketua TSP DKI Boy Bhirawa mengaku pembangunan pospol tersebut bermasalah. Ia malah mempertanyakan apakah pembangunan tersebut lewat proses sidang atau tidak.

"Belum melalui TSP. Diskusi ini di WA TSP baru kemarin, ada foto, 'oh iya ini bermasalah'. Siang ini ada sidang setelah sidang tindakan apa yang akan dilakukan," ujar Boy.

Boy tidak tahu menahu apakah pembangunan tanpa melalui sidang itu lantaran ketidaktahuan atau disengaja. Untuk pos polisi ini, Boy mengatakan pembangunannya dilakukan pihak kepolisian.

Lihat juga video 'Detik-detik Polisi Dievakuasi dari Reruntuhan Pospol Ambrol':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya