BOR Pasien COVID di RSUD Denpasar 99%, Ruang Isolasi-IGD Penuh

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 14:58 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)

Meski pasien umum kegawatdaruratan dibawa ke IGD sementara, Oka Hendra memastikan penanganan yang diberikan sama dengan IGD yang ada. Sebab, pihaknya telah mempunyai berbagai alat portabel yang bisa digunakan.

"Diyakini pasti bisa (melakukan penanganan dengan baik). Kalau gawat darurat kita mempunyai alat-alat portabel. Oksigen ada portabel, semua ada portabel. Artinya, alat-alat yang dipakai dalam menangani kegawatdaruratan itu banyak yang portabel sehingga di mana pun (bisa). Kalau di IGD kehabisan alatnya, ada masih di ambulans kan portabel juga, sehingga kita siap untuk menangani," terangnya.

Meski begitu, Oka Hendra mengakui bahwa IGD sementara ini tempatnya kurang bagus dibanding IGD aslinya. Pihaknya berusaha memberikan pelayanan yang sama dengan IGD aslinya. Privasi pasien juga tetap dijaga meski di IGD sementara.

Sementara itu, berdasarkan data resmi pada Minggu (18/7), kasus positif COVID-19 di Kota Denpasar bertambah 347 orang dan kasus meninggal dunia sebanyak 4 orang. Meski demikian, kasus sembuh mengalami penambahan sebanyak 125 orang.

"Perkembangan kasus harian, kasus meninggal dunia masih tinggi di angka 4 orang, kasus sembuh COVID-19 bertambah 125 orang dan kasus positif COVID-19 melonjak di angka 347 orang, kita harus terus waspada dan disiplin prokes, taati aturan saat penerapan PPKM darurat," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, dikutip detikcom, Senin (19/7).

Berdasarkan data, secara kumulatif kasus positif tercatat 19.883 kasus. Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Denpasar mencapai angka 16.514 orang (83,06 persen), meninggal dunia sebanyak 405 orang (2,04 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 2.964 orang (14,90 persen).


(nvl/nvl)