Bansos PPKM Darurat 1.226 Ton Beras Disalurkan ke Warga Bengkulu

Hery Supandi - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 16:52 WIB
Gubernur Bengkulu salurkan bansos beras ke warga (Foto: Hery/detikcom)
Foto: Gubernur Bengkulu salurkan bansos beras ke warga (Foto: Hery/detikcom)
Bengkulu -

Pemprov Bengkulu hari ini menyalurkan bantuan sosial (bansos) beras PPKM Darurat kepada warga. Ada 1.226.380 kilogram atau 1226,38 ton beras yang dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (PKM) mulai hari ini.

"Hari ini beras bantuan PPKM tersebut mulai kita didistribusikan ke daerah-daerah semoga dapat membantu masyarakat yang sedang dalam kesulitan saat pandemi ini," kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, di Bengkulu, Minggu (18/7/2021).

Rohidin mengatakan beras bantuan tersebut diperuntukkan bagi keluarga penerima manfaat yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Masing-masing dari mereka akan menerima bantuan 10 kilogram beras medium.

Dijelaskan Rohidin, berdasarkan surat Menteri Sosial No. S-147/MS/C/3.3/BS.01/7/2021 tanggal 15 Juli 2021 Perihal Penanganan Bencana melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP), meminta kepada Dirut Perum Bulog untuk menyalurkan CBP kepada 20 Juta KPM PKH & BST, kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu mendapatkan kuota bantuan beras sebanyak 77.747 KPM PKH & 44.891 KPM BST atau sebanyak 122.638 KPM dengan kuantum 10 kg beras medium per KPM atau sebanyak 1.226.380 kg beras untuk satu kali salur.

"Jadi memang kebijakan kita langsung, karena PPKM ditetapkan maka kita menyalurkan bantuan beras pemerintah. Ini masing-masing 10 kilogram untuk 122.638 KPM. Data dari Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, bantuan itu bagi keluarga PKH dan BST," jelas Rohidin.

Rohidin juga meminta Perum Bulog Wilayah Bengkulu dalam menyalurkan bantuan beras ini, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu dan tepat sasaran.

"Kepada Perum Bulog agar dalam menyalurkan beras CBP ini kepada KPM PKH & KPM BST di titik bagi yang telah ditentukan nanti agar tetap mematuhi menggunakan protocol kesehatan. Saya kira pengalaman Perum Bulog dalam penyaluran Program Rastra dan BPNT atau Sembako selama ini akan memudahkan dalam penyaluran Beras CBP masa PPKM ini," papar Rohidin.

Sementara itu, Pemimpin Perum Bulog Kanwil Bengkulu Roy Rahmadi Prawira mengatakan, untuk seluruh wilayah Provinsi Bengkulu, pihaknya menyalurkan bantuan beras pemerintah selama sebulan ke depan sebanyak 1.200 ton bagi 122 ribu Keluarga Penerima Manfaat.

"Kalau untuk stok kita cukup, cuma kita perlu melakukan proses untuk mengemas ulang dari 50 kg menjadi 10 kg," kata Roy.

Roy menjelaskan beras bantuan tersebut merupakan beras yang diambil dari petani lokal dengan kwalitas medium yang memiliki rasa yang enak, sehingga masyarakat bisa menikmati beras yang berkwalitas baik saat pandemi.

"Ini beras yang kita beli dari petani lokal yang memiliki kualitas baik, jadi beras ini memiliki standar medium," tutup Roy

Simak video 'Jokowi Minta Bansos Jangan Telat: Minggu Ini Harus Keluar!':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)