Round-Up

Setya Novanto Bikin Heboh Lagi Usai Bawa HP ke Dalam Jeruji

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 06:00 WIB
Beredar foto Setya Novanti bawa HP di Lapas Sukamiskin.
Beredar foto Setya Novanti bawa HP di Lapas Sukamiskin. (Foto beredar/istimewa)
Jakarta -

Setya Novanto (Setnov) bikin heboh lagi. Terpidana korupsi e-KTP itu muncul dalam foto dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin. Yang bikin geleng-geleng, Novanto terlihat membawa ponsel. Di Lapas kok bawa ponsel?

Terlihat dalam foto tersebut juga ada eks Wali Kota Bandung Dada Rosada dan sejumlah pria lainnya. Sementara itu, ada juga salah seorang di antara mereka yang tengah memainkan ponselnya.

Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar mengatakan telah mengecek foto-foto tersebut. Dia mengatakan gambar yang kini beredar itu diambil pada 2020, tepatnya saat masih dalam suasana Idul Adha.

"Setelah kami cross-check beberapa foto yang masuk, kondisi tersebut suasana saat Idul Adha, beberapa foto terlihat sedang memanggang daging sapi," ujar Yuzar saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (19/7) kemarin.

Yuzar memastikan penghuni lapas yang kedapatan membawa ponsel langsung ditindaklanjuti. Soalnya, soalnya itu melanggar tata tertib. Novanto kemudian diberi peringatan.

"Yang bersangkutan sudah dipanggil dan diperingatkan tentang pelanggaran tata tertib tersebut," pungkas Yuzar.

Pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menyebut foto Novanto berponsel pintar di Lapas itu adalah foto Idul Adha tahun lalu. Namun demikian Ditjen Pas tetap akan mengusut.

"Kalau handphone jelas nggak boleh. Ya kalau mau foto kan bisa siapa saja, itu memang lagi dicek dulu ya. Kalau memang teman-teman media ingin tahu kan, foto kan bisa siapa saja yang foto," kata Kabag Humas dan Publikasi Ditjen Pas Rika Aprianti.

Selanjutnya, kritik dari ICW: