Cerita Pesepeda Tak Kena Penyekatan di Pos PPKM Darurat Lenteng Agung

Nur Aziza - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 14:31 WIB
Suasana di pos penyekatan PPKM darurat Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Nur Azizah-detikcom)
Suasana di pos penyekatan PPKM darurat Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta -

Para pesepeda tak kena penyekatan saat melintasi pos PPKM darurat di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Mereka terlihat melintas saja tanpa diberhentikan lebih dulu seperti pengendara kendaraan bermotor.

Pantauan detikcom di Lenteng Agung, Jaksel, Sabtu (17/7/2021), pos penyekatan di dekat flyover tapal kuda Lenteng Agung ini terlihat dijaga petugas dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, hingga Satpol PP.

Salah satu pesepeda yang melintas tanpa kena sekat di pos penyekatan PPKM adalah Aji (29). Aji mengaku bersepeda untuk olahraga. Dia mengaku tidak tahu ada penyekatan di Lenteng Agung dan hanya mencoba melintas.

"Nggak diperiksa sih. Ya mungkin dilihatnya sama kayak pejalan kaki gitu ya," tutur Aji kepada detikcom saat melintas sekitar pukul 09.30 WIB tadi.

"Mungkin karena dilihat bukan pesepeda ramai-ramai, sendiri gitu, berdua doang, makanya dibolehin kali," sambungnya.

Suasana di pos penyekatan PPKM darurat Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Nur Azizah-detikcom)Suasana di pos penyekatan PPKM darurat Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Nur Azizah/detikcom)

Pesepeda lainnya, Mariska (47), mengaku sudah tahu mengenai penyekatan di Lenteng Agung. Dia mengaku dibiarkan melintas tanpa ditanya oleh petugas.

"Kita berpikir gini, kalau pesepeda itu harus tahu diri, ya kan. Kalau lagi PPKM gini nggak usah rombongan besar, satu, dua, tiga orang, paling banyak tiga oranglah menurut saya. Jadi Kita juga harus tahu diri juga. Kepentingannya juga untuk olahraga," ujar Mariska.

Warga lainnya, Haryono (65), mengaku sengaja bersepeda melewati titik penyekatan untuk memeriksa apakah benar ada penyekatan PPKM darurat pada hari Sabtu. Dia mengaku tak kena penyekatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah mengatakan pihaknya telah menegur para pesepeda. Dia mengingatkan agar warga tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak.

"Ya intinya tetap ditegur," kata Azis.

(haf/haf)