Round-Up

Penyekatan di Mana-mana dan Imbauan Agar Warga Tak Mudik Idul Adha

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 06:20 WIB
Penyekatan Kendaraan di Tol Cikarang.
Ilustrasi penyekatan (Farih/detikcom)
Jakarta -

Lonjakan kasus Corona di Tanah Air meningkat pesat dalam waktu beberapa pekan terakhir. Warga diminta tidak mudik atau pulang kampung jelang Hari Raya Idul Adha.

Pemeritah telah menetapkan sejumlah penyekatan untuk mengantisipasi warga yang mudik jelang Idul Adha di tengah PPKM Darurat. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat untuk membatasi mobilitas dan tidak mudik Idul Adha.

"Kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga diri dan membatasi kegiatan sangat penting dalam mencegah penyebaran COVID-19, terlebih dengan adanya varian Delta," kata Yaqut dalam keterangannya, Jumat (16/7/2021).

"Kami minta masyarakat bersabar dan tidak mudik Idul Adha tahun ini. Lindungi diri, keluarga dan orang di sekitar kita dari bahaya virus COVID-19," tuturnya.

Pemerintah telah menetapkan awal 1 Zulhijjah 1442 H, sehingga Hari Raya Idul Adha jatuh pada 20 Juli 2021. Gus Yaqut meminta masyarakat tetap berada di rumah dan tidak mudik.

"Tetap di wilayah masing-masing. Jaga kesehatan diri. Kurangi mobilitas, dan saya minta sekali lagi jangan mudik Idul Adha 1442 H," ungkapnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan pengumuman tentang nasib ibadah haji di Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Hadir dalam pengumuman soal haji 2021 tersebut pimpinan Komisi VIII DPR, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sekjen Majelis Ulama Indonesia, dan Kepala BPKH.Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Politikus PKB ini menyebut perjalanan mudik Idul Adha dalam kondisi pandemi berpotensi membahayakan jiwa, bisa menjadi sarana penyebaran Corona. Warga diminta menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan, sebagai kewajiban bersama.

"Larangan mudik Idul Adha karena pemerintah ingin melindungi seluruh warga negara agar terjaga dari penularan COVID-19," jelasnya.

Sehubungan dengan adanya pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat bersamaan dengan libur Idul Adha 1442 H, maka Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) atas diskresi dari pihak kepolisian melakukan pembatasan dan pengendalian lalu lintas kendaraan.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga Video: Corona Menggila, Menag Minta Warga Tak Mudik Idul Adha

[Gambas:Video 20detik]