Taspen Sabet 3 Penghargaan di AKHLAK Award 2021

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 20:30 WIB
Penghargaan untuk Taspen
Foto: Taspen
Jakarta -

PT Taspen (Persero) memperoleh tiga penghargaan dalam ajang AKHLAK Award 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bersama ACT Consulting. Tiga kategori tersebut yakni Indeks Implementasi Amanah Terbaik, Indeks Implementasi Adaptif Terbaik, dan Runner Up Indeks Implementasi Kompeten Terbaik.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir secara daring kepada Direktur Utama Taspen A.N.S. Kosasih, disaksikan oleh mantan Menteri BUMN Mustafa Abubakar dan Tanri Abeng, Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian serta jajaran Direksi dari berbagai BUMN di seluruh Indonesia.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi Taspen atas diterimanya 3 penghargaan dalam ajang AKHLAK Award 2021 ini. Saya juga berterima kasih kepada seluruh Insan Taspen yang telah bekerja keras dan memberikan kontribusi aktifnya sehingga kita bisa bersama-sama meraih penghargaan ini," ungkap Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih dalam keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

Kosasih menyebut pencapaian ini mencerminkan internalisasi AKHLAK telah diterapkan oleh para karyawan Taspen. Sebab, penilaian untuk penghargaan tersebut meliputi kontribusi aktif seluruh karyawan dan karyawati.

"Taspen sebagai Pengelola Jaminan Sosial Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara berkomitmen untuk selalu mengedukasi dan melahirkan Insan Taspen yang memiliki integritas tinggi, mengayomi, dan tanggap dalam memberikan layanan yang proaktif dan andal kepada seluruh peserta," cetus Kosasih.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir berharap penerapan nilai AKHLAK dapat meningkatkan kualitas kerja BUMN, hingga bisa mencapai level yang lebih tinggi.

"Satu tahun sudah keluarga besar BUMN, baik yang ada di Kementerian, Induk holding BUMN maupun anggota grup BUMN disatukan oleh misi yang sama yakni BUMN untuk Indonesia dengan nilai-nilai yang sama, yaitu sebagai Core Values AKHLAK. Misi dan nilai-nilai tersebut adalah bagian dari upaya transformasi di BUMN yang juga menjadi arah dan pijakan langkah kita untuk naik kelas dan berkompetisi. Tentunya kita harus dapat berkompetisi secara global," papar Erick.

Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian, menyampaikan AKHLAK Award 2021 didasarkan pada hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang dijalankan selama periode September 2020 hingga Juli 2021.

"Dalam AKHLAK Award 2021 ini sudah lebih dari 60 BUMN termasuk anak dan cucu perusahaan mereka berpartisipasi dalam pengukuran indeks AKHLAK, diharapkan dalam AKHLAK Award 2022 seluruh BUMN sudah dapat berpartisipasi dalam pengukuran indeks AKHLAK sebagai tolok ukur utama dari budaya kerja BUMN yang selalu mampu berkontribusi secara positif dan berkompetisi secara global untuk mencapai Indonesia Emas," jelas Ary.

TASPEN memperoleh penghargaan Implementasi AMANAH Terbaik kategori BUMN dengan indeks 71,0%, Implementasi Adaptif Terbaik dengan indeks 63,9%, dan Runner Up Implementasi Kompeten Terbaik dengan indeks 61,6%.

Kosasih mengatakan Taspen telah membuktikan dan meningkatkan daya kompetisi globalnya melalui kolaborasi dengan Mitsubishi Estate Co., salah satu pengembang properti terbesar dunia, terutama di Jepang dalam mengembangkan dan membangun green-energy properti berskala global di jantung kota Jakarta. Kerja sama tersebut akan menghadirkan gedung tertinggi di Indonesia.

(ncm/ega)