Ada Persediaan 2.000 Bed Tambahan untuk Pasien Corona Kategori Sedang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 14:31 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengunjungi lokasi tes swab antigen di Suramadu sisi Surabaya. Menurutnya, kekompakan Gubernur Jatim, Bupati Bangkalan dan Wali Kota Surabaya bisa mengatasi lonjakan kasus di Bangkalan
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah menyediakan bed tambahan untuk pasien Corona mencapai 2.000 bed. Tambahan bed ini tersebar di berbagai lokasi.

"Yang disediakan di Jakarta sebanyak 1.000 tempat tidur di Wisma Haji terdiri dari 900 tempat tidur biasa dan 100 ICU bekerja sama dengan RS Pertamina. Kami juga meng-update tambahan tempat tidur sekitar 300 tempat tidur di RS Cipto Mangunkusumo, dan juga kami update ada tambahan 300-500 lagi yang dilakukan oleh RS Pertamina di Jakarta," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam pernyataan pers virtualnya, Jumat (16/7/2021).

Dari jumlah keseluruhan bed tersebut, total diperkirakan ada hampir 2.000 tempat tidur yang disediakan untuk pasien Corona kategori sedang.

"Jadi total mungkin ada persediaan hampir 2.000 tempat tidur yang disediakan untuk pasien dengan kategori sedang," ungkapnya.

Selain itu, tim Kemenkes juga berkerja sama dengan tim dari Kementerian PUPR untuk mengidentifikasi tempat lain di daerah. Nantinya, akan ada identifikasi untuk potensi tempat tidur tambahan.

"Kami juga bekerja sama dengan tim dari Kementerian PUPR. Sudah mengunjungi Bandung, dan juga Jateng dan sudah mengidentifikasi beberapa tempat untuk pembangunan RS lapangan yang memberikan tambahan tempat tidur kalau memang diperlukan," ungkapnya.

"Tim juga jalan ke Surabaya untuk mengidentifikasi potensi kalau diperlukan tambahan tempat tidur," sambung Menkes Budi.

Simak juga video 'WHO Sebut Ada Kemungkinan Munculnya Varian Baru Corona Lebih Berbahaya':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)