PT Kemenangan Serahkan Donasi 20 Unit Kapal PE ke BPBD DKI Jakarta

Sponsored - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 17:22 WIB
enandatangan berita acara serah terima donasi kapal oleh Direktur Operasional PT Kemenangan dan Plt Kepala BPBD
Foto: Dok. PT Kemenangan
Jakarta -

DKI Jakarta, kota yang sekaligus pusat ekonomi dan Ibu Kota Indonesia ini masih sering mengalami banjir di waktu musim hujan. PT Kemenangan yang sudah berdiri sejak tahun 1954 tergerak untuk membantu meringankan beban BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Pemprov DKI Jakarta dengan mendonasikan 20 unit kapal polyethylene.

PT Kemenangan secara simbolis menyerahkan bantuan kapal PE atau kapal polyethylene dengan merk Keman Boat sebanyak 20 buah pada Rabu (14/7). Acara serah terima ini diwakilkan oleh Kepala Seksi Logistik dan Peralatan Dedi Rohaedi, Sales dari PT Kemenangan Sinta Desmiati, Kepala PLT BPAD M. Reza Phahlevi H, Direktur Operasional PT Kemenangan, Sekretaris Pelaksana BPBD Marulitua, Pengurus Barang dan Peralatan Abraham Son, dan Staf Seksi Logistik Peralatan Ichwan.

enandatangan berita acara serah terima donasi kapal oleh Direktur Operasional PT Kemenangan dan Plt Kepala BPBDenandatangan berita acara serah terima donasi kapal oleh Direktur Operasional PT Kemenangan dan Plt Kepala BPBD Foto: Dok. PT Kemenangan

Adapun kapal-kapal plastik ini nantinya akan digunakan oleh Pemprov DKI melalui BPBD untuk menghadapi musim banjir yang akan datang demi kepentingan evakuasi warga setempat. Kapal atau perahu sekoci yang terbuat dari bahan polyethylene ini sangat kuat dan kokoh. Kapal PE ini juga berbeda dari inflatable boat yang rentan bocor.

Pasalnya, ketika perahu-perahu ini digunakan untuk misi-misi penyelamatan ketika terjadi banjir, perahu-perahu rescue boat ini harus melalui medan yang sangat tidak biasa. Terlebih banjir biasanya membawa sampah dan material-material yang tidak lazim berada di jalanan, termasuk benda-benda tajam yang dapat dengan mudah merobek lambung kapal inflatable. Dengan hadirnya kapal berbahan PE, maka segala resiko kapal sobek dapat dihindari.

Selain anti-bocor, Keman Boat juga termasuk ringan, yakni dengan berat satu buahnya hanya 45 kg. Kapal yang terbuat dari plastik tipe polyethylene ini dapat memuat kapasitas maksimum seberat 320 kilogram atau sebanyak 4 orang. Perahu tipe ini juga dapat menggunakan motor tempel atau pun dayung.

Kapal dengan berbahan polyethylene bermerek Keman Boat ini dibuat oleh pabrik PT Kemenangan di daerah Cileungsi, Jawa Barat. Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, bahwa rakyat Indonesia diimbau untuk menggunakan produk dalam negeri, maka diharapkan kapal polyethylene buatan Tanah Air ini dapat dipakai lebih banyak di Indonesia.

Untuk info lebih lanjut bisa dibaca di website https://www.kemanboat.com/.

(Content Promotion/PT Kemenangan)