WTP Dua Kali Berturut-turut, Penantian Kemenpora Selama 10 Tahun

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 10:58 WIB
Menpora Zainudin Amali
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Kemenpora mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait laporan keuangan tahun 2020. Ini merupakan kedua kalinya secara berturut-turut setelah tahun sebelumnya mendapatkan predikat yang sama.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan penilaian BPK dengan hasil WTP merupakan kabar yang baik bagi Kemenpora. Ia mengatakan sebelumnya Kemenpora belum pernah mendapatkan predikat WTP sejak 10 tahun silam.

"Saya kira ini adalah capaian yang luar biasa bagi kami yang ada di Kemenpora. Kita tahu, sebelumnya hampir 10 tahun Kemenpora tidak bisa mendapatkan penilaian laporan keuangan dari BPK dengan WTP. Tapi alhamdulilah, tahun 2019 dan 2020 Kemenpora bisa mendapatkan penilaian tersebut. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Kemenpora," kata Amali dalam keterangan tertulis, Kamis (15/7/2021).

Menurut Amali, prestasi penilaian WTP tersebut berkat kerja sama yang baik antara semua pihak yang ada di Kemenpora dan seluruh stakeholder olahraga.

"Prestasi ini bukan semuanya karena saya sendiri, melainkan hasil kerja sama yang baik seluruh pejabat dan pegawai yang ada di Kemenpora. Dan prestasi ini harus terus kita jaga," tutur Amali.

Amali mengatakan pembenahan tata kelola birokrasi selama ini menjadi konsentrasi penuh. Adapun, program prioritas pertama yang dicanangkannya yakni melakukan pembenahan tata kelola birokrasi dengan baik yang didukung dengan kerja sama dengan seluruh stakeholder olahraga.

Salah satu contoh keberhasilan tata kelola yang baik di Kemenpora menurutnya yakni, transparansi bantuan pendanaan terhadap cabang olahraga.

"Selama saya menjadi Menpora, semua bantuan kepada cabang olahraga harus dilakukan secara transparan, bahkan dipublikasikan kepada semua media. Jadi ini salah satu contoh tata kelola yang baik dan harus kita pertahankan," tegas Amali.

Menurut Amali, raihan WTP ini untuk kedua kalinya secara berturut-turut ini mendapat apresiasi dan pujian dari masyarakat, khususnya warga internet (warganet) di media sosial Twitter. Warganet meramaikan linimasa Twitter dengan tagar #KemenporaWTPLagi.

Berdasarkan pantauan Rabu (14/7) pagi, tagar #KemenporaWTPLagi mendapat puluhan ribu cuitan dan sempat bertengger di trending topik Indonesia. Warganet menilai predikat WTP dari BPK sangat mebanggakan dan ini merupakan hasil kerja keras dari kementerian tersebut.

"Sungguh kebanggaan bagi Kemenpora mendapatkan yang Predikat WTP berkali-kali karna hasil kinerja nya yg luar biasa #KemenporaWTPLagi," tulis akun @aaravkimseok.

Hal senada juga dituliskan juga dituliskan warganet dengan akun @stubba_ yang menyampaikan apresiasinya kepada Kemenpora yang mendapatkan penilaian WTP back to back dari BPK.

"Keren ! kemenpora dapatkan penilaian WTP Back To Back Dari BPK, Hal ini tentunya karena hasil kinerja bagus dari Kemenpora, bangga banget sama Menpora #KemenporaWTPLagi," pujinya.

Sementara itu, pengguna internet lainnya memuji kepemimpinan Menpora Zainudin Amali yang dinilai membawa perubahan di Kemenpora. Sejak dipimpinnya, Kemenpora terus meraih prestasi termasuk predikat WTP dari BPK.

"Selama Menpora Zainudin Amali menterinya, semoga Kemenpora akan terus berprestasi dan penuh kejutan. #KemenporaWTPLagi," tulis @AlemaNugraha.

Begitu juga dengan akun @kejuch, dia memuji raihan WTP Kemenpora dua kali secara berturut-turut dibawah kepemimpinan Menpora Amali. Sebab, hal ini baru diraih setelah 10 tahun tidak mendapatkan predikat ini.

"Prestasi kali ini merupakan raihan WTP kedua kalinya berturut-turut di bawah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali 'Partying face Symbol tepuk tangan' #KemenporaWTPLagi," katanya.

Cuitan lainnya juga datang dari akun @berlianaaludra yang memuji raihan Kemenpora yang sebelumnya hampir 10 tahun tak meraih prestasi dari BPK.

"Hal ini menjadi capaian luar biasa bagi Kemenpora. Kita tahu, sebelumnya hampir 10 tahun Kemenpora tidak bisa mendapatkan penilaian laporan keuangan dari BPK dengan WTP namun sekarang mendapat predikat WTP berturut-turut. #KemenporaWTPLagi," kata @berlianaaludra.

(prf/ega)