2 Sesi Penyekatan Jakarta, Pekerja Esensial Hanya Bisa Melintas Pagi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 18:54 WIB
Sejumlah petugas memeriksa pengendara motor dan mobil di pos penyekatan Kalimalang, Jakarta. Pemeriksaan dilakukan sebagai bagian dari penerapan PPKM Darurat.
Penyekatan PPKM darurat di Kalimalang, Jakarta Timur (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Penyekatan PPKM darurat Jakarta kini dibuat dengan skema baru dengan membagi 2 sesi. Penyekatan dikelompokkan berdasarkan pekerjaan di sektor esensial dan kritikal.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menekankan hanya pekerja di sektor esensial dan kritikal yang boleh melintasi jalur penyekatan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Jadi kami mengimbau kepada teman-teman yang bergerak di sektor kritikal dan esensial, silakan Anda bergerak dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (14/7/2021).

Berikut sesi penyekatan:

Pukul 06.00-10.00 WIB

Pada jam tersebut hanya pekerja di sektor esensial dan kritikal saja yang boleh melintas di titik penyekatan.

Pukul 10.00-22.00 WIB

Khusus pada jam-jam tersebut, hanya tenaga kesehatan (nakes), dokter, perawat, TNI-Polri, oksigen dan darurat yang boleh melintas di titik penyekatan.

Pukul 22.00-06.00 WIB

Penyekatan dibuka, mengingat arus lalu lintas pada jam-jam tersebut sudah sepi.


Sambodo mengatakan, skema penyekatan ini dibuat, mengingat di atas pukul 10.00 WIB masih banyak pekerja di sektor non-esensial dan non-kritikal yang wara-wiri di jalanan.

"Karena berdasarkan pengamatan PPKM darurat, yang bergerak di atas jam 10.00 itu rata-rata adalah bukan kritikal dan esensial," tutur Sambodo.

Simak video 'Alasan 100 Titik ke Jakarta Disekat Saat PPKM Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



Simak daftar kantor sektor esensial dan kritikal di halaman selanjutnya