Indosterling Buka Suara soal Direktur Diadili di PN Jakpus

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 17:55 WIB
Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Ilustrasi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Manajemen PT Indosterling Optima Investa (IOI) menyatakan siap mengikuti semua proses hukum yang tengah dihadapi oleh Direktur IOI Sean William Hanley. Manajemen IOI juga berjanji tetap menjalankan restrukturisasi pembayaran utang kepada para kreditur sesuai putusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Hal ini disampaikan oleh kuasa hukum PT IOI, Hasbullah, dan Director and Group Head of Corporate Communication Indosterling, Deasy Sutedja.

"Perlu kami jelaskan bahwa kasus persidangan yang dijalani Direktur IOI Sean William Hanley adalah tuduhan penghimpunan dana tanpa izin. Di mana persidangan masih berlangsung dan dalam perkara pidana tersebut tidak ada dakwaan nilai dana himpunan mencapai Rp 1,9 triliun," kata Hasbullah dalam klarifikasi berita kepada detikcom, Rabu (14/7/2021).

Hasbullah mengatakan komitmen pihak IOI telah ditunjukkan dengan menunaikan delapan tahap pembayaran sebagai bentuk restrukturisasi utang kepada kreditur. Langkah ini dilakukan sebagai kewajiban sesuai putusan homologasi kepada seluruh kreditur melalui putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No.174/PDT-SUS/PKPU/2020/PN.NIAGA.JKT.PST pada 2 Agustus 2020.

"Hingga saat ini, IOI telah melakukan pembayaran sebanyak delapan kali sejak Desember 2020 dan telah diterima 1.108 kreditur. Pembayaran yang dilakukan IOI lebih cepat dari jadwal yang disepakati di tengah perekonomian nasional yang melambat," ujarnya.

Sean diadili dengan nomor perkara 408/pid.sus/2021/PN Jkt.Pst dan saat ini masih berlangsung. Jaksa mendakwa Sean sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 46 juncto Pasal 16 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

(asp/haf)