BKSDA Riau Pasang Camera Trap di Lokasi Pria Diterkam Harimau

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 10:58 WIB
Ilustrasi harimau Jawa
Ilustrasi harimau (Edi Wahyono/detikcom)
Pekanbaru -

Seorang warga bernama Azmi (30) di Siak, Riau, diterkam harimau Sumatera. Dia diduga diterkam harimau Sumatera saat mencari kayu di lokasi yang merupakan habitat harimau Sumatera itu.

"Lokasi diterkam harimau di Teluk Lanus. Itu berada tepat di sebelah Kawasan SM Tasik Belat, di Sungai Belat," kata Kepala BKSDA Riau Suharyono kepada detikcom, Selasa (13/7/2021).

Suharyono menyebut Azmi diterkam ketika perjalanan menuju hutan di Teluk Lanus. Dia mengatakan BKSDA telah menurunkan tim ke lokasi tersebut.

"Kita sedang turunkan tim, pagi ini tim kita ke lokasi karena kemarin hujannya sangat lebat. Harus menyeberangi sungai, tentu kita tak bisa berspekulasi apakah mereka merambah hutan atau tidak. Kami tunggu laporan tim di lapangan," ucap Suharyono.

Dia mengatakan peristiwa konflik antara harimau dan manusia sudah beberapa kali terjadi di lokasi itu. Menurutnya, harimau pernah memangsa anjing dan kambing peliharaan warga.

"Lokasi itu sudah kita pasang camera trap. Sebelumnya, ada sembilan kamera kita pasang di lokasi setelah memangsa kambing sama anjing. Makanya kita menduga ini harimau yang sama, harimau remaja, dan pasti ada indukannya juga," katanya.

Sebelumnya, Azmi diterkam harimau pada 10 Juli sekitar pukul 13.00 WIB. Dia diterkam harimau di hutan sungai Belat Kampung Teluk Lanus, Sungai Apit, Siak.

Korban diterkam harimau saat mencari kayu bersama teman korban. Saat sedang bekerja korban terkejut melihat seekor harimau dan berteriak minta tolong sambil berlari, namun harimau tersebut menerkam korban.

Akibat kejadian itu, korban mengalami luka robek akibat cakaran harimau di kaki. Korban berteriak minta tolong sampai akhirnya harimau dapat dihalau dan Azmi dilarikan ke puskesmas terdekat.

(ras/haf)