Doa Sebelum Belajar di Sekolah dan yang Perlu Dilakukan Saat Menuntut Ilmu

Kristina - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 13:44 WIB
side of asian young beautiful muslim woman pray with beads and read quran sit on carpet mat with meditation in mosque.
Doa Sebelum Belajar di Sekolah dan yang Perlu Dilakukan Saat Menuntut Ilmu (Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4)
Jakarta -

Membaca doa sebelum belajar di sekolah merupakan salah satu cara untuk bisa menyerap ilmu dengan mudah. Bagaimana bacaannya?

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Ilmu dapat diperoleh dari pendidikan formal maupun non formal. Mulai dari sekolah hingga pondok pesantren.

Dalam sebuah hadits, dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ العِلْمْ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ العِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الخَنَازِيْرِ الجَوْهَرَ وَاللُؤْلُؤَ والذَهَبَ. رواه ابن ماجه وروى البيهقي

Artinya: "Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim, akan tetapi bagi yang meletakkan ilmu untuk seseorang yang tak layak seperti menaruh permata, mutiara dan emas kepada seekor hewan (babi)." (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi)

Selama pembelajaran di sekolah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan siswa. Mulai dari anjuran untuk berdoa sebelum belajar hingga berbuat jujur dalam mengerjakan ulangan.

Hal yang Dilakukan Saat Belajar

Dikutip dari buku Kebiasaan Baikku oleh HF. Rahadian, berikut hal yang sebaiknya dilakukan saat belajar di sekolah:

1. Sebelum belajar membaca doa terlebih dahulu.

2. Perhatikan pelajaran yang disampaikan guru. Selama guru menerangkan, sebaiknya tidak berbicara dengan teman. Apabila ada pelajaran yang belum dipahami, tanyakan segera dan jangan ditunda-tunda.

3. Catat setiap pelajaran dengan rapi dalam buku sendiri agar mudah dipahami.

4. Hindari mencoret-coret fasilitas sekolah seperti meja, kursi, hingga tembok. Sebaiknya, sediakan buku khusus jika ingin melakukan coret-coret.

5. Bersikap jujur ketika mengerjakan soal ulangan yang diadakan oleh guru. Jauhi berbuat curang seperti menyontek. Menyontek adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat membuat siswa malas belajar dan tidak percaya diri.

Bagaimana Lafadz Doa Akan Belajar?

Ada beberapa versi bacaan doa sebelum belajar sebagaimana disunnahkan dalam Islam. Doa-doa tersebut dapat dipanjatkan sesuai konteks permintaan dari hamba kepada Rabb-Nya. Berikut bacaannya:

1. رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Arab-latin: Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

2. رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Arab-latin: Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma

Artinya: "Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

3. اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Arab-latin: Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

Itulah bacaan doa sebelum belajar di sekolah. Allah SWT akan mengabulkan doa setiap hamba-Nya sebagaimana Dia berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖࣖࣖ - ٦٠

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Gafir: 60)

(erd/erd)