Polisi Tetapkan 2 Tersangka Insiden Sopir Truk Tertimpa Kontainer di Priok

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 18:50 WIB
Sopir truk tewas tertimpa kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (9/7/2021).
Sopir truk tewas tertimpa kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok. (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Polisi menetapkan BD (24) dan RYZ (37) sebagai tersangka dalam insiden sopir truk, EJ (32), tewas tertimpa kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Para pelaku langsung ditahan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

"Tersangka BD, 24 tahun, peran sebagai operator alat QCC 02 dan RYZ (37) peran sebagai foreman alat QCC 02. Ditahan," kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP David Kanitero dalam keterangannya, Minggu (11/7/2021).

David menerangkan tersangka RYZ saat kejadian tidak berada di alat QCC 02 untuk memantau bongkar kontainer. Sedangkan tersangka BD, yang menjadi operator alat, tidak mengindahkan respons foreman yang menyebut kegiatan bongkar kontainer ini tidak dimungkinkan dalam kondisi banyak mobil melintas.

"Pada saat akan menggerakkan alat untuk pindahkan peti kemas ke jalur satu, operator sudah komunikasi dengan foreman via HT 'Pak, jalur 1 aman nggak, Pak?' dijawab foreman 'masih banyak lalu lalang mobil'. Namun operator tetap menjalankan alat tersebut dengan alasan 'sudah biasa'," katanya.

Para tersangka disangkakan melanggar Pasal 359 KUHP dengan ancaman pidana 5 tahun penjara.

"Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan matinya orang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 359 KUHPidana, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara," ungkapnya.

Kecelakaan itu terjadi pada pukul 17.00 WIB, Jumat (9/7). Saat itu korban mengemudikan truk trailer muatan kontainer bernopol B-9333-ED, melintas di bawah RTG 02.

Truk tersebut kemudian menabrak kontainer PT Meratur yang sedang melakukan bongkar dari Kapal Meratus Kariangau. Korban kemudian membelokkan kendaraannya ke arah kiri.

Nahas, di lajur tersebut sedang ada kegiatan bongkar kontainer, sehingga truk yang dikemudikan korban menabrak kontainer yang tengah dalam proses penurunan.

"Truk korban menabrak kontainer yang sedang proses turun, dan truk trailer tersebut mengalami kerusakan berat di bagian kepala truk kontainer. Hal itu mengakibatkan korban sopir truk trailer meninggal dunia," terang David, Jumat (9/7).

Korban dinyatakan meninggal dunia di lokasi. Jenazah korban pun dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

(whn/zak)