Pedagang Hewan Kurban di Tanah Abang: Pembeli Turun Drastis, Terhalang PPKM

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 11:15 WIB
Suasana Pasar Kambing Tanah Abang, Jalarta Pusat H-10 Idul Adha
Suasana Pasar Kambing Tanah Abang, Jakarta Pusat, H-10 Idul Adha (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pedagang hewan di Pasar Kambing Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), Nurdin (55), mengeluhkan turunnya jumlah pembeli hewan kurban menjelang Idul Adha tahun ini, karena pandemi COVID-19 belum berlalu. Menurut mereka, turunnya jumlah pembeli juga imbas penerapan kebijakan PPKM darurat.

"Yang beli hewan kurban sekarang turun drastis karena COVID-19. Terhalang PPKM darurat," ujar pedagang hewan kurban di Pasar Kambing Tanah Abang, Jakarta Pusat, saat detikcom temui Sabtu (10/7/2021).

Nurdin menyebut penurunan itu berkisar 70-80 persen meski dia tak menyebutkan secara rinci angka penjualannya pada tahun lalu dan tahun-tahun sebelum pandemi COVID-19 melanda. Menurut Nurdin, penjualan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini lebih berat dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini justru lebih berat. Tahun kemarin masih mending, kan cuma Idul Fitri doang yang nggak boleh. Idul Adha masih digelar, makanya ada kurban. Lha tahun sekarang mana ada," jelas dia.

Pada H-10 Idul Adha, Nurdin mengatakan telah menjual 8 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Nurdin berharap masyarakat mau melakukan kurban meski salat Idul Adha di masjid ditiadakan.

"Harapannya semoga tidak ada lagi larangan-larangan biar pedagang kambing bebas berdagang. Masyarakat juga mau melakukan kurban ya walau, apa namanya, pemerintah melarang salat Idul Adha," ungkap dia.

(aud/aud)