Tahlilan 7 Hari Meninggalnya Rachmawati, Hasto Sampaikan Rasa Duka Mega

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 23:40 WIB
Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan kepada awak media, Bali, Denpasar, Kamis (8/8/2019). Kongres V PDIP di Bali kembali mengukuhkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum. Megawati langsung diambil sumpah jabatan di hadapan para kader.
Megawati Soekarnoputri (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Tahlil dan doa bersama digelar dalam rangka 7 hari wafatnya Rachmawati Soekarnoputri. Ucapan rasa duka kembali disampaikan oleh berbagai tokoh.

Acara ini digelar secara virtual melalui Zoom pada Jumat (9/7/2021). Dari pihak keluarga, turut hadir Romy Soekarno dan Didi Mahardika.

Selain itu, hadir beberapa tokoh yang memberikan sambutan dan ucapan dukacita, di antaranya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Rizal Ramli, hingga Eros Djarot.

Dalam acara virtual tersebut juga hadir Puan Maharani, Sukmawati Soekarno Putri, Ahmad Muzani, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Pada kesempatan tersebut, Hasto memberikan ucapan dukacita atas meninggalnya Rahmawati. Hasto juga menyampaikan rasa duka yang dirasakan Megawati.

"Bu Megawati Soekarnoputri dan seluruh keluarga beliau dan keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya ibu Rachmawati Soekarnoputri," kata Hasto.

Ucapan dukacita juga disebut telah disampaikan langsung oleh Megawati pada anak Rachmawati. Serta mendoakan agar diberikan kekuatan dan keteguhan.

"Ketika saya tadi bersama dengan Ibu Megawati Soekarnoputri beliau langsung menyampaikan ucapan dukacita kepada putra tertua dari almarhumah Ibu Rachmawati, Mas Romi Soekarno, dan memberikan keteguhan agar dikuatkan dan mendoakan agar Ibu Rachmawati khusnul khotimah dilancarkan jalannya dan diterima oleh Tuhan Yang Mahakuasa," tuturnya.

Hasto mengatakan Rachmawati selama hidupnya terus berjuang mengibarkan nilai juang Bung Karno. PDI Perjuangan disebut memberikan penghormatan terbaik kepada Rachmawati.

"Kita tau bagaimana Ibu Rachmawati sebagai putri Bung Karno terus berjuang dalam semangat untuk terus mengibarkan nilai-nilai juang yang digagas Bung Karno," kata Hasto.

"Seluruh keluarga besar PDI Perjuangan memberikan penghormatan terbaik kepada Ibu Rachmawati yang merupakan adik kandung dari Ibu Megawati Soekarnoputri yang sama-sama besar di istana belajar menari bersama dan terus memperjuangkan seluruh cita-cita dan gagasan Bung Karno," sambungnya.

Diketahui, adik presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto (3/7). Rachmawati dikebumikan di TPU Karet Bivak, di samping makam ibundanya, Fatmawati.

(dwia/imk)