Prabowo Bahas Tren Perang Terkini, Singgung Drone Negara Lain Masuk RI

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 18:24 WIB
Prabowo Subianto (Andhika-detikcom)
Prabowo Subianto (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bicara soal tren perang saat ini yang didominasi oleh perang teknologi. Prabowo mengatakan pesawat nirawak atau drone ada sejumlah negara asing sudah masuk ke wilayah Indonesia.

"Ternyata, perang sekarang adalah perang iptek, perang teknologi, sebelum peluru meletus, sudah terjadi perang. Perang apa? perang cyber. Perang apa? Perang intelijen. Perang apa? Perang sensor sudah terjadi," kata Prabowo dalam webinar Optimalisasi Industri Pertahanan dalam Konteks Kepentingan Nasional RI di Abad 21, Jumat (9/7/2021).

Prabowo kemudian bercerita bahwa nelayan di Tanah Air menemukan drone yang masuk ke jaring mereka. Drone masuk ke jaring nelayan itu, menurut Prabowo, tak hanya terjadi sekali.

"Ibu-ibu, Bapak-bapak, kita semua pernah baca dua-tiga bulan lalu, apa itu? Ketemu, nelayan-nelayan kita di jaringnya ketemu drone-drone laut. Bukan satu, bukan dua, iya kan?" ujarnya.

Drone dari negara asing, menurut Prabowo, telah memasuki wilayah laut Indonesia. Prabowo mengungkapkan mengapa drone negara asing itu masuk ke wilayah laut Indonesia.

"Jadi sudah drone-drone dari negara mana sudah masuk ke kita. Di mana? Di laut kita. Kenapa? Di laut kita sangat kaya. Hutan kita sangat kaya, kayu langka di dunia," ucapnya.

Di tengah perang teknologi saat ini, menurut Prabowo, dibutuhkan ilmuwan. Para intelektual itu diharapkan siap membantu menghadapi gangguan dari negara asing.

"Jadi Saudara-saudara, sekarang kalau kita bicara perang, kita bicara teknologi, iptek adanya dari kampus, kita butuh scientist, kita butuh ilmuwan yang bisa memberi kepada kita teknologi untuk kita bisa siap menghadapi gangguan invasi dari luar, itu intinya," imbuhnya.

(rfs/imk)