KPAI Akan Pastikan 3 Anak Nia Ramadhani-Ardi Bakrie Tak Kena Cyber Bullying

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 12:44 WIB
Nia Ramadhani dan Keluarga Bakrie
Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie / Foto: Instagram @ramadhaniabakrie
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) khawatir terjadi cyber bullying terhadap ketiga anak Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. Terlebih, lanjut Ai, anak memiliki sisi kritis.

"Kita juga perlu memastikan perlindungan pada anak ini. Jangan ada dampak bagi si anak. Bagaimana pun ini berat. Ekses informasi perlu diperhatikan karena anak sudah kritis, akan menanyakan di mana orang tuanya. Informasi dari media itu yang harus dijaga betul-betul," ucap Komisioner KPAI, Ai Maryati kepada detikcom, Jumat (9/7/2021).

Ai mengatakan kemungkinan KPAI berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan anak-anak Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie tak mengalami cyber bullying. Ai menyarankan pihak yang mengasuh saat ini membatasi aktivitas gadget anak-anak Nia dan Ardi.

"Nanti kami juga mungkin akan koordinasi supaya bagaimana memastikan tidak ada cyber bully kepada anak-anaknya. Ini kan keluarga idola netizen sebenarnya, jadi role model karena Nia kan dalam kata-katanya selalu menerapkan character building kepada anak-anaknya, dan aktivitas Nia juga positif di Tiktok dengan anak-anaknya. Ini sangat disayangkan sekali," ungkap Ai.

Ai menuturkan sebagai ganti dari pembatasan aktivitas dengan gadget, orang tua pengganti atau yang mengasuh dapat mengajak dialog anak-anak Nia dan Ardi.

"Jangan dulu membiarkan anaknya mengakses informasi karena ini kan sangat viral, kita tidak bisa memastikan dan menyaring informasinya. Maka anak harus betul-betul terlindungi dari informasi yang tak sehat. Tentu dengan membatasi aktivitas dengan gadget-nya, kemudian ajak berdialog," pungkas Ai.

Ai mengingatkan kepada orang tua pengganti soal pertimbangan pendekatan kondisi psikologis dan kesiapan psikologis si anak jika hendak menceritakan kejadian sebenarnya yang menimpa Nia dan Ardi.

"Butuh pendekatan psikologis untuk memberitahukan yang sebenarnya terjadi pada si anak dan butuh juga mengetahui kesiapan psikologisnya.

(aud/tor)