Cerita Varian Delta: Dibawa dari India, Bikin Meroket Corona Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 12:02 WIB
Tempat pemakaman jenazah Covid-19 di Srengseng Sawah 2, Jakarta Selatan sudah mencapai 219 makam, Rabu (24/2). Sampai hari ini sudah ada 10 jenazah yang dimakamkan dengan menggunakan standar protokol kesehatan
Foto ilustrasi: Suasana di TPU Srengseng Sawah 2 saat pemakaman berprotokol COVID-19. (Dedy Istanto/detikcom)
Jakarta -

Varian Delta adalah jenis virus Corona yang menjadi perhatian dunia (Variant of Concern) lantaran punya tingkat penularan yang tinggi. Angka harian COVID-19 di Indonesia yang saat ini meroket juga didominasi varian Delta, varian dari India.

Berdasarkan catatan pemberitaan detikcom hingga Jumat (9/7/2021), begini cerita varian Delta di Indonesia.

I. Corona mengamuk di India

2 April

Pada awal tahun, angka harian COVID-19 di India tercatat kurang dari 10 ribu kasus baru per hari. Namun sejak 2 April, Corona mengamuk. Laporannya acapkali 100 ribu kasus baru dalam sehari dan seribuan kematian dalam sehari. Kondisi itu terus memburuk di waktu-waktu berikutnya. Pada 26 April misalnya, angka harian mencapai 300 ribu kasus baru. Tsunami Corona terjadi.

Menurut peneliti, vaksin buatan Modern Inc dikabarkan mampu untuk menangkal COVID-19 varian Delta.Vaksinasi di India (Getty Images)

II. Eksodus dari India

Tanah Hindustan diterjang tsunami Corona. Permintaan jet pribadi meningkat drastis dan harga tiket pesawat melonjak di India. AFP mencatat fenomena kaburnya orang-orang kaya India ke luar negaranya ini terjadi sebelum Uni Emirat Arab (UEA) menangguhkan seluruh penerbangan dari India pada 25 April.

Selanjutnya, ratusan orang dari India masuk RI:

Lihat Video: Penampakan Varian Delta yang Jadi Biang Kerok Penularan COVID-19

[Gambas:Video 20detik]