Demokrat Kritik Koalisi, Gerindra: Perseteruan Tak Akan Bermanfaat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 06:57 WIB
Foto: Screenshot drooftalk Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman
Habiburokhman (detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) meminta partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak asal bapak senang atau ABS. Partai Gerindra menilai perseteruan tak akan bermanfaat di tengah pandemi Corona.

"Perseteruan politik nggak akan bermanfaat meringankan penderitaan rakyat yang terdampak pandemi COVID-19," kata Waketum Gerindra, Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (8/7/2021).

Menurut Habiburokhman parpol di pihak pemerintahan harus membuka diri terhadap kritikan dari mana juga, termasuk dari partai politik non-pemerintah. Sementara di sisi non-pemerintahan, kata Habiburokhman, jangan sekadar menunggangi isu penanganan COVID-19 sebagai peluru politik.

"Di negara mana pun ketika bencana terjadi maka elemen politik yang berseteru harus berdamai dahulu, segera kompak ringankan beban rakyat. Setelah bencana berlalu silakan kalau mau lanjutkan perseteruan," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR RI ini teringat bagaimana penanganan tsunami yang melanda Aceh. Kala itu, kata Habiburokman, pihak pemerintah dan yang kontra dapat meredakan ketegangan.

"Kita ingat waktu tsunami Aceh tahun 2004, pihak TNI dan GAM segera melakukan jeda perdamaian untuk selanjutnya malah damai permanen dengan adanya MoU Helsinki. Kalau yang perang dar-der-dor saja bisa damai, masa yang hanya berbeda pandangan politik nggak bisa damai," ucap Habiburokhman.

"Pandemi ini sifatnya global dan terjadi di seluruh dunia, semua negara gak punya referensi mengatasi masalah sebesar ini. Pasti banyak permasalahan di sana-sini dalam penanganannya. Yang paling penting kita bisa bersama-sama melakukan evaluasi dan tindakan korektif," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Blak-blakan Suryo Pratomo, 7 Kunci Damai dengan Corona

[Gambas:Video 20detik]