Ganjar Pranowo Terpilih Jadi Ketum Organisasi Radio & TV Daerah

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 15:37 WIB
Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah se-Indonesia. Ia akan memimpin organisasi yang dikenal dengan sebutan Indonesiapersada.id itu hingga 2023 mendatang.

Penetapan Ganjar sebagai Ketum Indonesiapersada.id dilakukan usai digelarnya Musyawarah Kerja Luar Biasa (Mukernaslub) pada Rabu (7/7). Dalam acara itu, Ketum Indonesiapersada.id sebelumnya, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul menyatakan mengundurkan diri dan mengusulkan Ganjar sebagai penerusnya.

"Saya telah meminta kesediaan Pak Ganjar untuk melanjutkan tugas saya memimpin organisasi ini. Dan Alhamdulillah Beliau berkenan menjadi Ketua Umum," kata Gus Ipul dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).

Wali Kota Pasuruan ini menerangkan Indonesiapersada.id merupakan organisasi yang mewadahi lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) radio dan televisi yang didirikan pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Ia berharap organisasi ini semakin maju di bawah kepemimpinan Ganjar.

"Saya yakin pak Ganjar mampu memberikan ide dan gagasan anyar, demi kemajuan LPPL di Indonesia," sebut Gus Ipul.

Ia juga meminta kepada seluruh pemerintah daerah memberikan dukungan penuh pada LPPL di daerahnya masing-masing. Caranya, dengan menguatkan kelembagaan, SDM, ketahanan informasi di daerah dan sebagainya.

"LPPL ke depannya harus siap dan mampu untuk menyongsong era digital 4.0 yang sudah berkembang menjadi 5.0. Setiap kepala daerah memiliki tanggung jawab moral untuk menjadikan LPPL kuat dan tidak kalah dengan lembaga penyiaran lain," ulas Gus Ipul.

Ganjar menyampaikan siap menjalankan amanah sebagai ketua umum Indonesiapersada.id. Ia memandang radio dan televisi lokal di Indonesia harus didorong agar lebih baik lagi.

"Lembaga penyiaran publik lokal ini memang mesti didorong, karena ini bisa menjadi salah satu media yang menyampaikan informasi penting pada masyarakat. Misalnya informasi tentang penanganan COVID-19 dan informasi penting lainnya. Dan saya orang yang meyakini, radio dan televisi lokal itu memiliki peminat yang fanatik di Indonesia," papar Ganjar.

Mukernas Luar Biasa Indonesiapersada.id dihadiri lebih dari 200 utusan kabupaten/kota dan provinsi seluruh Indonesia yang daerahnya memiliki LPPL Radio dan TV. Selain itu, hadir juga para Komisioner KPID Provinsi seluruh Indonesia.

"Sebenarnya kita dituntut mampu memberikan konten siaran yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Karena itulah kita berharap Indonesiapersada.id bisa melakukan banyak pelatihan lagi untuk meningkatkan kualitas SDM LPPL di daerah," kata Budi Purwanto, peserta dari Sergai FM Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Hal senada juga disampaikan perwakilan dari LPPL lain. Cokorda Chrisna dari LPPL Denpasar Bali berharap agar Indonesiapersada.id bisa lebih berkembang dan peduli pada pengembangan LPPL di daerah-daerah perbatasan.

"Kita harapkan organisasi ini bisa lebih memberikan perhatian kepada teman-teman LPPL yang berada di wilayah 3T, di wilayah perbatasan seperti untuk LPPL Radio Suara Kabupaten Kupang," ungkap Cokorda Chrisna.

(ncm/ega)