Idul Adha 2021 Tanggal Berapa? Ini Penjelasannya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 10:14 WIB
Umat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (31/7/2020).
Idul Adha 2021 Tanggal Berapa? Ini Penjelasannya (Foto: ANTARA FOTO/MOCH ASIM)
Jakarta -

Pertanyaan mengenai Idul Adha 2021 tanggal berapa mulai bermunculan di laman pencarian Google. Diketahui umat Islam akan merayakan momen tersebut setiap tanggal 10 Zulhijah 1442 menurut kalender hijriah.

Penentuan waktu pelaksanaan Idul Adha 2021 dilakukan pemerintah melalui sidang isbat. Sementara itu, PP Muhammadiyah sudah menentukan kapan pelaksanaannya.

Penentuan Idul Adha 2021 Tanggal Berapa Menurut Pemerintah

Kementerian Agama RI akan menggelar sidang itsbat untuk menetapkan 1 Zulhijah guna menentukan kapan 10 Zulhijah jatuh tahun ini. Sidang dilakukan dengan perhitungan ilmu falak (hisab) maupun observasi (rukyat) di 86 titik di Indonesia.

Sidang akan digelar pada Sabtu, 10 Juli 2021, dengan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Mengingat PPKM Darurat, sidang akan digelar secara daring dan hanya dihadiri perwakilan terbatas.

"Isbat awal Zulhijah digelar 10 Juli 2021. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dalam keterangannya, Senin (5/7/2021).

Sementara itu, pimpinan ormas Islam juga akan diundang mengikuti sidang isbat secara daring.

Lebih lanjut, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menyebut sidang isbat akan terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama, dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Zulhijah 1441H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Thomas Djamaluddin.

Sesi kedua, sidang isbat yang dimulai setelah magrib dan dipimpin oleh Menag. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia. Sementara sesi ketiga, Menteri Agama akan mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag.

Penentuan Idul Adha 2021 Tanggal Berapa Menurut PP Muhammadiyah

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan Idul Adha akan jatuh tanggal berapa. Diketahui Muhammadiyah menggunakan metode hisab untuk menentukan hari-hari penting, seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Waktu pelaksanaannya tertuang dalam Maklumat nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah. Dalam edaran tersebut, Idul Adha atau Lebaran Haji 2021 akan jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

(izt/imk)