Pimpinan Komisi V Cemas Macet Penyekatan PPKM Darurat Tularkan COVID

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 14:46 WIB
Kemacetan akibat penyekatan PPKM Darurat di Kalimalang
Kemacetan akibat penyekatan PPKM Darurat di Kalimalang (Foto: ANTARA/Yogi Rachman)
Jakarta -

PPKM darurat diwarnai kemacetan akibat penyekatan di beberapa titik jalan di Jakarta. Pimpinan Komisi V DPR Syarief Alkadrie khawatir kemacetan ini jadi medium penularan COVID.

"Saya kira ini harus dibenahi supaya simulasi itu juga tidak terjadi penumpukan. Kalau penumpukan, rawan juga terhadap penularan COVID-19 ini. Sangat besar terjadi potensi penularan COVID-19 ini," kata Syarief kepada wartawan, Senin (5/7/2021).

Syarief meminta pemerintah segera membenahi mekanisme penyekatan PPKM darurat. Menurutnya, Korlantas Polri ataupun Kementerian Perhubungan bisa memikirkan solusinya.

Syarief AlkadrieSyarief Alkadrie (Foto: Dok. Situs DPR)

"Saya berharap secepatnya pemerintah, perhubungan, atau korlantas, melakukan penyekatan yang tidak menyebabkan kemacetan yang terlalu menumpuk," ujar dia.

"Kemacetan ini akan menimbulkan keramaian motor ada di situ, mungkin ada yang menggunakan pengaman seadanya, ini harus menjadi tindakan yang dilakukan pemerintah supaya tidak terjadi kerumunan dengan penyekatan-penyekatan itu," katanya.

Meski demikian, Syarief menyebut penyekatan tahap awal PPKM darurat pastinya menimbulkan kemacetan. Dia berharap masyarakat bisa benar-benar bekerja dari rumah bagi yang kantornya bersifat non-essential.

"Berharap masyarakat kan sekarang ini kita sudah di... terutama di kantor-kantor itu supaya tetap bekerja di rumah, work from home. Kita harapkan betul-betul masyarakat mematuhi dan menaati apa yang telah menjadi kesepakatan bersama," katanya.

Penjelasan Polisi

Polisi menyebut kemacetan penyekatan PPKM darurat terjadi karena ada ribuan orang dari luar Jakarta tetap berusaha melewati pos penyekatan.

"Hari Senin ini adalah hari ketiga sekaligus hari pertama PPKM darurat pada masa weekday, di mana orang kerja dan ribuan orang dari luar Jakarta masih berusaha masuk ke Jakarta. Padahal mungkin dia bukan bekerja pada sektor yang kritikal dan esensial," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Senin (5/7/2021).

Polda Metro Jaya sendiri menyiapkan 63 titik penjagaan selama PPKM darurat. Hanya orang yang bekerja di sektor esensial dan kritikal yang diizinkan melintas melewati titik penyekatan tersebut.

Simak video 'Penampakan Pos Penyekatan PPKM Darurat di Kalimalang, Macet Parah!':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)