HUT BNI Ke-75, Ini Kata Airlangga Hartarto hingga Sri Mulyani

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 11:19 WIB
BNI
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) genap berusia 75 tahun hari ini. Sebagai bank BUMN yang setia melayani negara dari awal kemerdekaan hingga saat ini, BNI mendapat ucapan dari berbagai tokoh penting di Indonesia. Yuk intip siapa-siapa saja tokoh itu!

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan sejak awal masa kemerdekaan, kontribusi dan bakti BNI telah melintasi waktu dan zaman mengiringi dinamika perekonomian dan pembangunan negeri.

"Saya mengapresiasi kiprah BNI yang terus berperan berkontribusi aktif secara langsung dalam proses pemulihan ekonomi nasional saat ini. Menjadi bank penyalur insentif program Kartu Pra Kerja dan meluncurkan program BNI UMKM Go Export untuk mendukung bisnis UMKM agar dapat berkiprah di pasar dunia merupakan beberapa bukti nyata dari partisipasi BNI untuk turut serta membangun negeri ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2021).


Menurut Airlangga, seiring usia yang ke-75 tahun adalah saatnya bagi BNI untuk melompat lebih tinggi dan semakin melebarkan sayap jajaran layanannya ke berbagai penjuru dunia.


Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan BNI hadir dalam perekonomian Indonesia, sudah sangat identik dengan perjalanan bangsa ini. BNI ikut dalam membangun perekonomian dan bahkan mewujudkan kedaulatan dan stabilitas mata uang di wilayah Republik Indonesia dengan pertama mencetak Oeang Republik Indonesia yang dikenal sebagai uang pertama milik Republik Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

"Oleh karena peran dan sejarahnya yang luar biasa, peran BNI harus terus dijaga terutama pada masa pandemi yang kita semua merasakan akibatnya luar biasa. Saya berharap BNI akan terus menyukseskan upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali perekonomian nasional melalui program-program pemulihan ekonomi nasional," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga berharap BNI dalam menghadapi era digital yang begitu mengubah kehidupan manusia maupun sektor perbankan untuk mampu terus berinovasi dan bertransformasi. Tantangan digital akan menentukan apakah sebuah bank dan fungsi intermediasinya tetap akan diperlukan dan juga di dalam pelayanan pada masyarakat.


Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan kini di usia ke-75 tahun, cabang-cabang BNI terus berkembang di kota-kota penting dunia melalui program Go International, menjadi mitra dan jembatan pengusaha Indonesia menuju dunia.

"Semoga BNI senantiasa terdepan dalam memajukan bangsa, berdaya saing global dan berkontribusi aktif pada Pemulihan Ekonomi Nasional serta pembangunan Indonesia," ujar Retno.


Jaksa Agung RI Burhanuddin

Selamat ulang tahun bagi BNI. Tidak terasa telah 75 tahun memberikan pelayanan perbankan kepada nasabah yang setia dalam lintas generasi. BNI sebagai salah satu lembaga keuangan yang senior telah teruji dan ampun menjawab berbagai tantangan zaman.

"Transformasi yang dilakukan melalui BNI RACE tentunya diimplementasikan agar dapat meningkatkan kinerja dan memenangkan persaingan. Oleh karena itu saya berharap dan percaya BNI akan terus mematangkan diri dan bergerak lebih cepat menjadi yang terdepan dalam melayani Indonesia dan dunia. Selamat ulang tahun yang ke-75 BNI. Melompatlah lebih tinggi," ujarnya.

(mul/mpr)