Hari Pertama PPKM Darurat, Petugas Tutup Jalur Protokol Purwakarta

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 04 Jul 2021 00:53 WIB
PPKM Darurat, Penutupan Jalan Protokol di Purwakarta
Foto: PPKM Darurat, Penutupan Jalan Protokol di Purwakarta (Dian Firmansyah-detikcom)
Purwakarta -

Hari Pertama PPKM Darurat diberlakukan, petugas melakukan penutupan jalur protokol di Purwakarta. Penutupan dilakukan sepanjang tiga kilometer dimulai dari pertigaan kemuning hingga pertigaan Suryo.

Penutupan akan dilakukan selama diberlakukannya PPKM Darurat dimulai pukul 20.00-24.00 WIB. Dilihat detikcom, petugas gabungan dari TNI-POLRI, Dishub dan Satpol PP melakukan penutupan menggunakan barrier di setiap jalan.

Menurut Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan aturan yang sudah di tentukan oleh pemerintah daerah maupun pusat, sebagai langkah meminimalisir tingkat penyebaran virus COVID-19 yang saat ini tidak terkendali.

"Ada sejumlah pembatasan dan penutupan yang dilakukan di kabupaten Purwakarta. Seperti penutupan di jalan di kota ini, kemudian tempat makan tidak boleh makan di tempat melainkan dibungkus," ujar Krisrantau usai melaksanakan apel sebelum kegiatan pembatasan jam malam, Sabtu (03/07/2021).

Krisrantau mengatakan, untuk pelanggar dalam masa PPKM Darurat saat ini sanksi sendiri masih berupa teguran hingga himbauan. Namun secara bertahap sanksi lain seperti administratif akan di berlakukan.

"Kita saat ini masih melakukan teguran hingga himbauan bahwa aturan sudah dikeluarkan oleh Bupati Pemerintah Daerah tentunya untuk restoran tutup hingga pukul 20.00 WIB, untuk tindak pidana nanti kepolisian yang mengatur," ujarnya.

Petugas menemukan sejumlah kafe yang membandel hingga terjadi kerumunan dan membubarkan pengunjung kafe dan menutup kafe tersebut. Petugas juga mendatangi rumah makan dan mengingatkan akan jam malam serta penerapan protokol kesehatan.

(dwia/dwia)